Publication Ethics

Pedoman Etik Penerbitan

Aturan Plagiarisme

Untuk memvalidasi artikel yang masuk, tim penyunting mengecek naskah tersebut pada google scholar dengan menggunakan software plagiarism checker.

Keputusan Penerbitan

Dewan Penyunting Lughatu Ad-Dhat: Journal Languange Education bertanggungjawab untuk memutuskan artikel-artikel yang diterbitkan dan artikel-artikel yang tidak diterbitkan. Dalam melakukan validasi tulisan, para penyunting bersama dengan Dewan Penyunting jurnal berstandar kepada aturan-aturan ilmiah dan ketentuan-ketentuan diseputar pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan penjiplakan (plagiarism). Penyunting dapat berunding dengan penyunting yang lain atau Dewan Penyunting dalam membuat keputusan ini.

Perlakuan yang Adil

Penyunting melakukan penilaian artikel yang masuk berdasarkan kandungan intelektual tanpa membedakan dari sisi ras, kewarganegaraan, gender, orientasi seksual, keyakinan agama, asal usul etnik dan pilihan politik penulis.

Kerahasiaan

Para penyunting menjamin kerahasiaan penulis dan tulisannya. Para penyunting tidak mengungkapkan informasi apapun mengenai naskah yang diserahkan selain kepada penulis, penyunting ahli, mitra bestari, dan penerbit.

Pemberitahuan dan Konflik Kepentingan

Artikel-artikel yang diterbitkan dan tidak diterbitkan tidak boleh digunakan dalam riset penyunting sendiri tanpa persetujuan tertulis yang jelas dari penulis.

Kontribusi kepada Keputusan Editorial

Penilaian mitra bestari membantu penyunting dalam membuat keputusan-keputusan editorial. Selain itu, untuk memperkuat kualitas tulisan dan keputusan editorial, komunikasi penyunting dengan penulis dilakukan secara simultan.

Standar Objektivitas

Penilaian harus dilakukan secara objektif, jelas, dan dengan argumentasi yang mendukung. Kritik yang sifatnya personal terhadap penulis tidak dibenarkan.

Pengakuan Sumber

Penyunting dan Penilai mengidentifikasi kelayakan karya yang diterbitkan dari sumber-sumber yang dikutip penulis. Seorang Penilai juga harus meminta Penyunting untuk memperhatikan kemiripan antara naskah yang dinilai dengan tulisan-tulisan lain yang telah terbit sebelumnya.

Standar Penulisan

Penulis harus menyajikan tulisannya secara obyektif. Data-data pokok yang dicantumkan dalam tulisan harus direpresentasikan secara etis dan akurat dengan mencakup detail dan referensi yang cukup kuat.

Orisinalitas dan Penjiplakan

Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya-karya yang seluruhnya asli, dan bahwa penulis telah mengutip dengan benar jika menggunakan karya dan/atau kata-kata orang lain.

Penerbitan Ganda, Pengulangan atau Berbarengan

Para penulis tidak boleh menerbitkan naskah yang secara esensial mendeskripsikan penelitian yang sama dalam lebih dari satu jurnal. Menyerahkan naskah yang sama kepada lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku tidak etis dan tidak dapat diterima.

Kepengarangan Tulisan

Kepengarangan harus dibatasi kepada mereka yang memberikan sumbangan penting kepada konsepsi, desain, eksekusi atau penafsiran kajian yang dilaporkan. Seluruh orang yang memberikan sumbangan penting harus dicantumkan sebagai penulis bersama (co-authors). Jika terdapat orang lain yang ikut serta dalam aspek-aspek penting tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau dicantumkan sebagai penyumbang (contiributors). Penulis yang harus memastikan bahwa seluruh penulis bersama yang tepat dimasukkan dalam tulisan, dan bahwa seluruh penulis bersama telah melihat dan menyetujui versi akhir dari tulisan dan telah menyepakati penyerahannya untuk penerbitan.

Kesalahan Mendasar dalam Artikel-Artikel yang Diterbitkan

Jika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang berarti dalam karya publikasinya, menjadi kewajiban penulis untuk segera memberitahu editor atau penerbit jurnal dan bekerja sama dengan penyunting untuk menarik kembali atau memperbaiki tulisan.