PENGARUH BRAND IMAGE DAN TINGKAT RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN BANK SYARIAH (Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Selong)
Abstract
Abstrak
Brand image dan religiusitas dapat mempengaruhi keputusan dimana citra merek yang merupakan simbol indikator yang membedakan barang atau jasa dan juga kualitas dari sebuah produk perusahaan dan religiusitas adalah keragaman, yaitu suatu keadaan yang ada dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk bertingkah laku sesuai dengan kadar ketaatannya pada agama. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif kuantitatif. Cara pengambilan sampel menggunakan probability sampeling secara rondom sampling (secara acak). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden. Data yang diproleh kemudian diolah menggunakan alat bantu SPSS versi 16. Analisis ini meliputi uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji statistik melalui uji t test, F test, dan uji koefisien determinasi (R2) serta uji regresi linear berganda.
Hasil uji F test menunjukkan variabel brand image dan tingkat religiusitas berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap minat. Hasil uji t test menunjukkan variabel brand image berpengaruh secara signifikan dan variabel religiusitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat. Sedangkan hasil uji koefisiensi determinasi (R2) menunjukkan pengaruh variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat sebesar 35,5% sisanya 64,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Brand Image, Religiusitas, Minat, Bank Syariah.