P Peningkatan Problem Solving Melalui Pembelajaran Steam Di Kelompok Bermain Permata Bunda

Authors

  • Erni Sopianingsih STAI Darussalam Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v6i1.2103

Abstract

Dalam kegiatan belajar di Kober Permata Bunda seringkali dijumpai permasalahan yang dihadapi anak diantaranya berebut mainan, kesalahpahaman, kesulitan mempelajari hal baru, dan sebagainya. Sehingga anak harus memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah yang dapat membantu mereka mengatasi masalah secara mandiri dengan baik.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan pembelajaran Science, Technology, Eingeneering, Art and Mathematic (STEAM) dapat meningkatkan kemampuan Problem Solving anak di Kober Permata Bunda Braja Sakti. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 pada anak kelompok B di KB Permata Bunda Braja Sakti yang berjumlah 16 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi berupa daftar ceklist. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan menghitung rerata dari perolehan nilai pada setiap indikator yang ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan problem solving anak dapat ditingkatkan melalui pendekatan STEAM pada kelompok B KB Permata Bunda dengan perolehan nilai rata-rata persentase kriteria berkembang sangat baik pada seluruh aspek penilaian pada siklus 1 sebesar 62,50% dan mencapai nilai 88% pada siklus 2.

References

Adelfa, Yuriansa. (2022). “Kemampuan Problem Solving Pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Pola (Pattern) di Paud Arrasyid Kajhu Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar”. Teungku: Jurnal Islam Pesantren, Pendidikan dan sosial, 1(1), 68-102. Diakses tanggal 16 Oktober 2024 pada: https://jurnal.staidarulhikmah.ac.id/index.php/jip/article/view/4

Aqip, Zainal. (2019). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Mutiyah, M. (2022). “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Keliling dan Luas Lingkaran Melalui Model Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VI Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 di SD Negeri 3 Gandusari Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek”. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(3), 438-444. Diakses tanggal 4 September 2024 pada: https://doi.org/10.28926/jtpdm.v2i3.513

Oktaviany, F., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021). “Profil Kemampuan Problem Solving Anak Usia 4-5 Tahun”. Kumara Cendekia, 9(3), 148-155. Diakses tanggal 29 Agustus 2024 pada: https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.49293

Putri, Khairina. (2020). “Identifikasi Kemampuan Pemecahan Asalah Pada Anak Tk B Di Gugus Iv Kecamatan Banguntapan, Bantul”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(9), 386-395. Diakses tanggal 25 September 2024 pada: http://101.203.168.44/index.php/pgpaud/article/view/16968

Ratna, S., & Imamah, I. (2023). “Kemampuan Problem Solving Anak Usia Dini melalui Bermain Puzzle pada PAUD”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7913-7924. Diakses tanggal 2 September 2024 pada: 10.31004/obsesi.v7i6.5868

Sefriyanti. (2022). Pengaruh media pembelajaran berbasis (STEAM) Science, technology, engineering, art, mathematic dari bahan loose parts terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun. Thesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Setyowati, A., Koesmadi, D. P., & Agnafia, D. N. (2021). “Peningkatan Kemampuan Problem Solving melalui Metode STEM di KB Anggrek Kabupaten Ngawi”. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 193-202. Diakses tanggal 29 Agustus 2024 pada: https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1304

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Erni Sopianingsih. (2025). P Peningkatan Problem Solving Melalui Pembelajaran Steam Di Kelompok Bermain Permata Bunda. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 6(1), 80–87. https://doi.org/10.37216/aura.v6i1.2103