Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Menggunakan Loose Part TK Aba 03 Teluk Dalem
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v6i1.2104Keywords:
anak usia dini; literasi baca tulis, loose partsAbstract
Kemampuan literasi membaca dan menulis anak di TK ABA Teluk Dalem 03 belum maksimal dikarenakan kurang menariknya media pembelajaran dan terbatasnya media pembelajaran, sehingga anak kurang memahami apa yang disampaikan. Salah satu pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk membantu meningkatkan kemampuan literasi baca tulis anak usia dini adalah media loose part. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi baca tulis di TK ABA 03 Teluk Dalem. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 03 Teluk Dalem pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2024/2025 pada Kelompok A yang berjumlah 13 anak. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi baca tulis anak pada kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 03 Teluk Dalem dapat ditingkatkan melalui penggunaan media loose parts. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata persentase aspek penilaian pada kriteria berkembang sangat baik yang meningkat pada tiap siklus yaitu pada siklus 1 sebesar 69,23% dan pada siklus 2 mecapai 84,62%.
References
Aqip, Zainal. (2019). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.
Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Harapan Cerdas.
Fauziah, N. (2022). “Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi”. Jurnal Basicedu, 6(2), 1541-1550. Diakses tanggal 21 September 2024 pada https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2346
Kemendikbudristek. (2023). Pisa 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. Jakarta: Kemdikbudristek.
Kustandi, Cecep. (2021). Media Pembelajaran. Bogor: Ghania Indonesia.
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2024). “Stimulasi Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Loose Parts”. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 7(1), 127-133. Diakses tanggal 12 September 2024 pada https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8409
Muchti, A., & Muchti, A. (2022). “Kemampuan menentukan story event dalam pembelajaran menulis karangan narasi siswa, Kemampuan menentukan story event dalam pembelajaran menulis karangan narasi siswa”. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi 6(2), h. 53-62. Diakses tanggal 7 Oktober 2024 pada http://eprints.binadarma.ac.id/12040/
Muslichah. (2021). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Media Loose Part Di TK Trisula Perwari Grabag”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), h. 44–49. Diakses tanggal 12 September 2024 pada https://seminar.uad.ac.id/index.php/SemNasPPG/article/view/11964
Mutiyah, M. (2022). “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Keliling dan Luas Lingkaran Melalui Model Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VI Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 di SD Negeri 3 Gandusari Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek”. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(3), 438-444. Diakses tanggal 13 September 2024 pada: https://doi.org/10.28926/jtpdm.v2i3.513
Ningsih, C.R., Sirait, G.A., Harahap, S.H. (2024). “Analisis Penerapan Literasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Siswa”. JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata dan Pembelajaran Konseling, 2(1), h. 74-80. Diakses tanggal 28 September 2024 pada https://10.57235/jamparing.v2i1.1809
Purwanti, E. & Mufidah, S. (2020). “Pemanfaatan bahan alam untuk meningkatkan pemahaman lambang bilangan pada anak”. Jurnal Azzahra, 1(2), h. 49-58. Diakses tanggal 3 November 2024 pada https://staidarussalamlampung.ac.id/ejournal/index.php/azzahra/article/view/227
Purwanti, E., Sefriyanti, & Khomsiyati, S. (2023). “Pelatihan pemanfaatan media pembelajaran berbasis science, technology, engineering, arts, and mathematics (steam) dari bahan loose parts pada guru paud se-kecamatan mataram baru kabupaten lampung timur”. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat,3(2). h. 53-67. Diakses tanggal 3 November 2024 pada https://doi.org/10.51226/pdl.v3i2.520
Repositori Kemendikbud. (2019). “Indikator Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Kelompok Usia 4-6 Tahun. Jakarta: Kemendikbud.
Rozana, S., et al. (2024). “Efektivitas penggunaan loose part dalam mendorong minat baca anak di tk aba kartini kota binjai”. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 7(1), h. 2989-95. Diakses tanggal 12 September 2024 pada https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.26010
Sari, P. A. P. (2020). “Hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia”. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141-152. Diakses tanggal 13 Oktober 2024 pada https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24324
Sefriyanti. (2022). Pengaruh media pembelajaran berbasis (STEAM) Science, technology, engineering, art, mathematic dari bahan loose parts terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun. Thesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.