Penerapan Metode Montessori Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Herni Yulianti IAI Hamzanwadi Pancor Lombok Timur
  • Idawati IAI Hamzanwadi Pancor Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v6i1.2485

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Montessori dalam meningkatkan minat baca anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun yang mengikuti pembelajaran dan penggunaan metode Montessori. Hasil penelitian menujukkan bahwa metode Montessori dapat meningkatkan minat baca anak usia dini dengan cara menyediakan lingkungan belajar yang kondusif, menggunakan bahan-bahan yang menarik, dan memberikan kesempatan anak untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode ,montessori dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan minat baca anak usia dini.

References

Montessori,M. (1912). The Mentossori Method. New York: Frederick A. Stokes Company.

Montessori, M. (1964). The Montessori Method. Schocken Books.

Suhartono. (2018). Minat Baca Anak Usia Dini. Jakarta: PT Grasindo.

Abdillah, S., Hidayat, R., & Dewi, A. (2022). Pengaruh Media Buku Baca Montessori terhadap Pengembangan Keaksaraan Anak Usia 5–6 Tahun di RA Assilaturahmi Pasirwangi Garut. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 45–53.

Sa’ida, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Metode Montessori. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 32–41.

Harahap, F. S. (2021). Belajar Membaca dengan Metode Montessori. Koloni: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 24–29.

Aini, N. (2019). Meningkatkan minat baca anak usia dini melalui kegiatan membaca nyaring. Jurnal Golden Age, 4(2), 123–132. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i2.1785

Montessori, M. (2006). The Montessori Method. Barnes & Noble Publishing. (Karya asli diterbitkan tahun 1912).

Yuliani Nurani, S. (2016). Pendekatan Montessori dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Rahmawati, A. (2021). Implementasi Metode Montessori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(1), 40-49.

Mayasari, R. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Montessori terhadap Minat Baca Anak Usia 5–6 Tahun. Jurnal PAUD, 2(1), 23-30.

Nugroho, R. A. (2017). Penerapan Montessori dalam Kegiatan Membaca Anak Usia Dini di TK. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 102–110.

Lillard, Angeline Stoll. (2011). Montessori: The Science Behind the Genius. Oxford University Press.

Syafitri, D. (2019). Pengaruh Metode Montessori Terhadap Minat Baca Anak Usia Dini di TK ABA 3 Kota Jambi. Skripsi, Universitas Jambi.

Santrock, J. W. (2011). Child Development. New York: McGraw-Hill.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Herni Yulianti, & Idawati. (2025). Penerapan Metode Montessori Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 6(1), 108–114. https://doi.org/10.37216/aura.v6i1.2485