Pelaksanaan Pengembangan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu At-Tin Sumbar Kota Pariaman

Authors

  • Nur Anggi Febriani Nur Anggi Febriani Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v3i1.592

Keywords:

Anak Usia Dini, Motorik Halus, Pelaksanaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengembangan, dan evaluasi pelaksanaan pengembangan motorik halus di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu At-Tin Sumbar Kota Pariaman. Hal ini menjadi persoalan menarik, karena guru mengembangkan motorik halus anak melalui kegiatan-kegiatan yang beragam dan juga berhubungan dengan ketarampilan  hidup (Pratical life). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk melihat bagaimana pelaksanaan pengembangan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Islam Terpau At-Tin Sumbar Kota Pariaman.

Subyek penelitian adalah anak-anak kelas B1 di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu At-Tin Sumbar Kota Pariaman. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas B1 di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu At-Tin sumbar Kota Pariaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mencakup reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Sedangkan teknik pengabsahan data yang digunakan berupa teknik triangulasi. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa pelaksanaan pengembangan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu At-Tin sumbar Kota Pariaman, guru telah mempersiapkan Rencana Pelaksnaan Pembelajaran harian (RPPH). kegiatan yang dilaksanakan sudah sesuai dengan yang direncanakan dan guru melakukan evalusi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwasanya pelaksanaan pengembangan motorik halus anak sudah berjalan dengan baik mengacu pada kurikulum 2013.

References

Aryani, R., Sutrisno, & Zar’in, F. (2021). Manajemen Pembelajaran Kelas di Taman Kanak-Kanak Al Mujahidin Sekadu Hulu. Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 19–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29406/jepaud.v9i1.2956

Astini, B. N., Nurhasanah, Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2017). Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 6(0), 1689–1699.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/15678/9726

Farida, S. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud. Wacana Didaktika, 5(02), 189–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.5.02.189-200

Khadijah dan Amelia, N. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Teori dan Praktik (Pertama). Kencana.

Maghfuroh, L., & Khotimah, N. (2017). Pengaruh Teknik Mozaik terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Jurnal Sain Med, 9(1), 57–61. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/7671/4191

Nawawi, H. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Gaja Mada Univesity Press.

Padila, Andri, J., J, H., Andrianto, M. B., & Admaja, R. D. (2020). Pembelajaran Cuci Tangan Tujuh Langkah Melalui Metode Demonstrasi pada Anak Usia Dini. Journal of Telenursing (JOTING), 2(2), 112–118. https://doi.org/10.31539/joting.v2i2.1395

Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 91–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita/article/view/544

Rukiyati. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Membentuk Balok Bangunan Melalui Metode Praktik Langsung Pada Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(2), 135–150. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i2.522

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2014). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks.

Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Apek Perkembangan Anak (Pertama). Prenadamedia Group.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Downloads

Published

2022-06-06

How to Cite

Nur Anggi Febriani, N. A. F. (2022). Pelaksanaan Pengembangan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu At-Tin Sumbar Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3(1), 67-77. https://doi.org/10.37216/aura.v3i1.592