Efektivitas Permainan Tradisional Ular Naga Terhadap Perkembangan Perilaku Sosial Sumbang Kurenah di Taman Kanak-kanak Genius Kids II Bukittinggi.
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.699Keywords:
Permainan Ular Naga; Perilaku Sosial; Sumbang KurenahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan tradisional ular naga terhadap perkembangan perilaku sosial sumbang kurenah anak di TK Genius Kids II Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quashi ekperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh anak dengan teknik pengambilan sampelnya yaitu cluster sampling, yaitu kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan kelas B2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes perbuatan, dan alat pengumpulan data menggunakan lembaran pernyataan. Data tersebut diolah melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil berdasarkan analisis data, pada uji normalitas diperoleh data di kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh nilai sebesar 0,677,dan dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh bersifat homogen. Pada uji hipotesis diperoleh nilai sig (2 tailed) adalah sebesar 0,002 < 0,05. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran yang dilakukan peneliti dikelas ekperimen dengan kegiataan bermain permainan tradisional ular naga dengan yang dilakukan oleh guru dengan kegiatan bermain permainan egrang batok untuk mengembangkan perilaku sosial sumbang kurenah anak di Taman Kanak-Kanak Genius Kids II Bukittinggi.
References
Achroni, keen. 2012. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Yogjakarta: Javalitera.
Ibrahim. (2014). Tambo Alam Minangkabau. Bukittinggi: Kristal Multimedia.
Iskandar, S. P., Mardianto, & Putra, Y. Y. (2014). Konsep Sumbang Duo Baleh dalam Tinjauan Psikologi. Urnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 5(2), 180-191. https://doi.org/10.24036/rapun.v5i2.6632
Isjoni. (2017). Model Pembelajaran Anak Usia Dini Membentuk Generasi Cemerlang Harapan Bangsa. Bandung: Alfabeta.
Musyarofah, M. (2018). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aba Iv Mangli Jember Tahun 2016. INJECT(Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 99.
https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-12
Sari, E., Mayar, Suryana.(2021) Pengaruh Metode Sumbang Kurenah Terhadap Perkembangan Karakter Anak Taman Kanak Kanak Kec. Rao. Jurnal Obsesi, 6 (1)341-352). https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/1296/pdf
Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang: UNP Press.
Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.
Susanto, A. (2011b). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.
Sugiyono. (2016). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet Yusuf.
Sujiono. (2009). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Sujiono, Y. N. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks