Implementasi Pembelajaran Sains Awal Anak Usia Dini Melalui Bermain Gelembung Sabun

Authors

  • Norlianti Lusia Tabun Universitas Negeri Surabaya
  • Nurul Khotimah Universitas Negeri Surabaya
  • Imanuel Puling Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.998

Keywords:

Kata Kunci: Pembelajaran sains, bermain gelembung sabun, anak usia dini

Abstract

Pembelajaran Sains awal memberikan manfaat besar dalam kehidupan manusia dan bahkan setiap hari manusia tidak luput dari fenomena sains. Oleh karena itu pembelajaran sains hendaknya diperkenalkan sejak anak usia dini. Artikel ini membahas tentang bermain gelembung sabun sebagai pengenalan keterampilan proses sains awal dalam memperkenalkan sains pada anak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui manfaat belajar sains dengan menggunakan permainan gelembung sabun. Penelitian ini termasuk dalam penelitian studi literature. Data didapatkan dari berbagai sumber berupa buku, jurnal dan karya ilmiah lainnya. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menyatakan bahwa permainan gelembung sabun dapat mengembangkan aspek sosial, emosional, fisik, kognitif atau kritis dan berpikir kreatif, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran sains awal bagi anak usia dini karena memungkinkan anak berinteraksi langsung dengan fenomena sains yang konkret dan belajar sains dengan menyenangkan

References

Amantika, Dwi, and Abd Aziz. “Bermain Sains Pada Anak Usia Dini Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Penerapan Metode Eksperimen.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 3 (2022): 4526–32. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2742.

Fardiah, Fardiah, Santosa Murwani, and Nurbiana Dhieni. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Sains.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (2019): 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254.

Fitriana, and Shinta Hamzah. “Pengaruh Percobaan Sains Sederhana Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di Kelompok B TK Melati Desa Bomba.” Bungamputi 8, no. 2 (2022): 1–12.

Hamzah, Shinta. “Pengaruh Percobaan Sains Sederhana Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di Kelompok B TK Melati Desa Bomba,” 2022.

Husin, Sri Hartuti, and Yaswinda Yaswinda. “Analisis Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Di Masa PANDEMI Covid-19.” Jurnal Basicedu 5, no. 2 (2021): 581–95. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.780.

Imran, Ranny Fitria, and Novi Ade Suryani. “Pengenalan Sains Melalui Media Awetan Serangga ( Insektarium ) Pada Anak Usia Dini,” 2018, 767–72.

Izzuddin, Ahmad. “Sains Dan Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini” 1 (2019): 353–65.

Juhji. “Pembelajaran Sains Pada Anak Raudhatul Athfal.” Pendidikan Guru RA 1, no. 1 (2016): 49–59.

Khalidah, Ratu Noor, and Nor Izzatil Hasanah. “Pengenalan Sains Pada Anak Usia Dini Di Paud Terpadu Shabwa Amanah Landasan Ulin Utara Kec. Liang Anggang Kota Banjarbaru.” Jurnal Warna: Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 05, no. 01 (2020): 12–22. https://doi.org/10.24903/jw.v5i2.421.

Kurniawati, Arina, and Wiwik Widajati. “Pengaruh Permainan Balon Sabun Berkilau Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Warna Pada Anak Kelompok B” 3, no. 3 (2014): 1–4.

Miladia, and Muslim. “Magical Games Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini.” Pelangi: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam Anak Usia Dini 4, no. 2 (2022): 14–20. https://doi.org/10.56304/s0040363622080021.

Mulyana, Edi Hendri, Istikhoroh Nurzaman, and Nur Asifa Fauziyah. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Warna.” Jurnal Paud Agapedia 1, no. 1 (2017): 76–91. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7170.

Prasetyo, Sigit. “Implementasi Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea).” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 7, no. 1 (2017): 48. https://doi.org/10.21927/literasi.2016.7(1).48-57.

Sari, Rosita Kartika. “Mengembangkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Gelembung Warna Pada Anak Paud Tunas Harapan Bangsa Tahun Pelajaran 2014/2015” I (2015): 1–7.

Sujiono, Yulani Nurani. Metode Pengembangan Kognitif, 2014.

Watini, Sri. “Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (2019): 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111.

Wijaya, I Komang Wisnu Budi, Ni Wayan Sri Darmayanti, and Made Gautama Jayadiningrat. “Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Dengan Konsep Empat Pilar Pendidikan.” Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 1 (2021): 59. https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.2085.

Wijaya, Komang Wisnu Budi, and Putu Ayu Septiari Dewi. “Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science.” Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 4, no. 1 (2021): 142–46. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.554.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Tabun, N. L., Khotimah, N. ., & Puling, I. (2023). Implementasi Pembelajaran Sains Awal Anak Usia Dini Melalui Bermain Gelembung Sabun. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 4(2), 196–208. https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.998