Implementasi Pendidikan Karakter di MIN 1 Leneng Praya Lombok Tengah dan MI Gelondong Panji Sari

  • arif rachman MI NW Sengkunyit
Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter

Abstract

Salah satu upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan dan menghasilkan kader masa depan yang berkualitas dibidang ilmu, moral dan mental adalah pendidikan karakter. Pelaksanaan pendidikan karakter melalui lembaga-lembaga pendidikan diyakini sebagai langkah tepat untuk mengatasi persoalan yang menimpa generasi muda bangsa ini.

Persoalan utama yang melanda generasi muda dewasa ini adalah terjadinya dekandensi moral yang mendesak lembaga-lembaga pendidikan melaksanakan pendidikan karakter mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pendidikan karakter merupakan upaya sungguh-sungguh dalam rangka membantu individu bertindak dan berperilaku sesuai nilai-nilai etis baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah. Mengajarkan nilai tidak cukup dengan memperdengarkan nilai-nilai kepada peserta didik. Agar mereka benar-benar mempelajarinya, mereka harus mengalami dalam berbagai tindakan, serta menjadikan nilai-nilai tersebut sebagai bagian dari mereka

Sementara, hasil penelitian berdasarkan fokus penelitian yang pertama  menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang dikembangkan di MIN Leneng yaitu kejujuran, kerjasama, peduli sosial, peduli lingkungan, kewarganegaraan dan religius. Implementasi Melalui Kegiatan-Kegiatan Ekstrakurikuler, d). Implementasi Pendidikan Karakter melalui keteladanan.

Published
2019-10-01
How to Cite
rachman, arif. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di MIN 1 Leneng Praya Lombok Tengah dan MI Gelondong Panji Sari. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1 Juni), 1-11. Retrieved from http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/239