Peran Dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Pengembangan Kurikulum

  • juahab juahab SDN Nunang Kecamatan Janapria
Keywords: Peran, Tanggung Jawab Kepala Sekolah

Abstract

Peran adalah sebuah perilaku yang diharapkan dapat menerangkan yang harus dilakukan dalam suatu situasi tertentu baik secara formal maupun informal. Sedangkan tanggung jawab adalah suatu kewajiban untuk melakukan peran atau tingkah laku yang disengaja maupun tidak disengaja menurut cara tertentu.

Peran kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum yaitu sebagai menejer, dan leader (pemimpin). Sedangkan tanggung jawabnya sebagai kepala sekolah yaitu sebagai pengelola pendidikan dan sebagai pemimpin formal.

Peran guru dalam pengembangan kurikulum, menurut Murry Print ada 4 level yaitu sebagai pengembang kurikulum atau designing, peneliti kurikulum atau planning, implementers, dan adapter atau evaluating. Sedangkan dari segi pengelolaannya, peran guru dalam pengembangan kurikulum itu dapat dibedakan antara tiga sifat yaitu yang bersifat sentralilasi,desentralisasi dan sentral desentral. Adapun tanggung jawab guru dalam pengembangan kurikulum yaitu sebagai pengajar, pembimbing, pengembang kurikulum, pengembang profesionalnya dan dapat membina hubungan dengan masyarakat.

Published
2019-10-01
How to Cite
juahab, juahab. (2019). Peran Dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Pengembangan Kurikulum. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1 Juni), 23-30. Retrieved from http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/241