Pengembangan Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter

  • andiatma andiatma andiatma
Keywords: Pengembangan Kurikulum

Abstract

Pengembangan kurikulum berbasis karakter adalah sebagai kegiatan yang berupaya untuk menyusun/ merancang (desain) kurikulum baru, mengubah dan menyempur-nakan/memperbaiki kurikulum, implementasi kurikulum, serta pengendalian kurikulum pendidikan Dasar.  Pengendalian ini  meliputi monitoring dan evaluasi kurikulum, serta penyempurnaan kurikulum berdasarkan masukan dari hasil monitoring dan evaluasi terhadap kurikulum pendidikan dasar yang  telah dipraktikkan di jalur institusi pendidikan sekolah maupun luar sekolah dengan berbagai jenis dan ragamnya

Nilai nilai yang dijadikan pijakan dalam pengembangan kurikulum haruslah bersumber dari nilai agama, pancasila, budaya, dan tujuan pendidikan nasional. Nilai nilai yang bersumber dari empat pilar tersebut diejawanthakan dalam 18 nilai yaitu Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komunikatif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, dan Tanggung-jawab.

Published
2019-10-01
How to Cite
andiatma, andiatma. (2019). Pengembangan Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1 Juni), 31-43. Retrieved from http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/242