Peningkatan Kemampuan Membaca Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas Satu SDN 3 Suralaga Tahun Pelajaran 2019/ 2020

Authors

  • Baiq Halimatuz Zuhrotul Aini

Keywords:

Pembelajaran Menggunakan Media Gambar, kemampuan membaca siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  Peningkatan Kemampuan Membaca Mengunakan Media  Gambar  Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 1 Suralaga tahun pelajaran 2019/2020. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subyek penelitian  dalam penelitian ini Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 1 Suralaga tahun pelajaran 2019/2020. Untuk mengumpulkan data hasil kemapuan membaca siswa, digunakan instrument tes kemapuan membaca berdasarkan kriteria dan indikator-indikator yang telah ditentukan..

Hasil penelitian menunjukan : siklus I rata-rata  kemampuan membaca siswa adalah 65,85 dan tingkat prosentase ketuntasan mencapai 55% dengan tingkat kemampuan sedang. Pada siklus II rata – rata kemampuan membaca siswa meningkat menjadi 76 dan tingkat kemampuan sudah tergolong tinggi dengan tingkat ketuntasan mencapai 85% sesuai dengan target yang telah ditetapkan peneliti yaitu 80%. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar dalam pembelajaran  dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada kelas I SDN 1 Suralaga tahun pelajaran 2019/2020

Downloads

Published

2019-12-19

How to Cite

Aini, B. H. Z. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas Satu SDN 3 Suralaga Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2 Desember), 87-97. Retrieved from http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/254

Issue

Section

Articles