Pengaruh media video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sifat-sifat wujud benda kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.640Keywords:
Berpikir kritis; Media video animasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskriptifkan pengaruh media video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sifat-sifat wujud benda kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode True Eksperimen design dengan meggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Desaign. Dalam penelitian ini seluru kelas V di SD Negeri 99 Palembang sebagai populasi. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data mengunakan tes dan Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji-t (Independem Sampel T-Test). Hasil per-test dan post-test diperoleh nilai per-test kelas kontrol 54,42 (katagori rendah) dan kelas eksperimen 56,53 (katagori sedang) sedangkan nilai post-test kelas eksperimen diperoleh dengan nilai rata-rata = 83,65 (katogori sangat tinggi) dan kelas kontrol = 63,07 (katagori sedang). Hasil analisis uji hipotesis diketahui 5,290 hal tersebut kemudian dibandingkan dengan di mana taraf kepercayaan α = 0,05% (5%) dengan dk = + = 26 + 26 – 2 =50 diperoleh nilai = 2,009. Sehingga = 5,290 > = 2,009 maka ditolak diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa video animasi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sifat-sifat wujud benda kelas V SD.
Kata Kunci : media video animasi, berpikir kritis.