Pengaruh media video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sifat-sifat wujud benda kelas V SD

Authors

  • Mutiara Fadillah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Palembang
  • Susant Faipri Selegi Universitas PGRI Palembang
  • Puji Ayurahcmawati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.640

Keywords:

Berpikir kritis; Media video animasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskriptifkan pengaruh media video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sifat-sifat wujud benda kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode True Eksperimen design dengan meggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Desaign. Dalam penelitian ini seluru kelas V di SD Negeri 99 Palembang sebagai populasi. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data mengunakan tes dan Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji-t (Independem Sampel T-Test). Hasil per-test dan post-test diperoleh nilai per-test kelas kontrol 54,42 (katagori rendah) dan kelas eksperimen 56,53 (katagori sedang) sedangkan nilai post-test kelas eksperimen diperoleh dengan  nilai rata-rata = 83,65 (katogori sangat tinggi) dan kelas kontrol = 63,07 (katagori sedang). Hasil analisis uji hipotesis diketahui  5,290 hal tersebut kemudian dibandingkan dengan  di mana taraf kepercayaan α = 0,05% (5%) dengan dk = +  = 26 + 26 – 2 =50 diperoleh nilai  = 2,009. Sehingga = 5,290 >  = 2,009  maka  ditolak  diterima  yang berarti terdapat  perbedaan yang signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa video animasi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sifat-sifat wujud benda kelas V SD.

Kata Kunci : media video animasi, berpikir kritis.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Fadillah, M., Faipri Selegi, S., & Ayurahcmawati, P. (2022). Pengaruh media video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sifat-sifat wujud benda kelas V SD. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 336-345. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.640

Issue

Section

Articles