Penggunaan Media Papan Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Peserta Didik Kelas I SDN Blok C

Authors

  • Laila Amalia Arrasyidi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Encep Andriana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Rokmanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.781

Keywords:

Penggunaan, Media, Papan Huruf, Mengenal Huruf, sekolah Dasar

Abstract

Mengenal huruf merupakan permasalahan yang terjadi pada peserta didik kelas 1 saat ini. Masih banyak peserta didik di bangku kelas 1 belum mengenal huruf. Tujuan dari disusunnya jurnal penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik dalam mengenal huruf. penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 Siklus. Dari hasil penelitian diperoleh hasil  berikut : tahap pra siklus peserta didik yang belum berkembang sebanyak 3 orang atau 15,78%, peserta didik yang mulai berkembang adalah 6 orang atau 31,57%, peserta didik yang berkembang sesuai harapan 10 orang atau 52,63% dan yang berkembang sangat baik 0 anak. Pada tahap Siklus I peserta didik yang belum berkembang sebanyak 0, peserta didik yang mulai berkembang adalah 5 orang atau 26,31%, peserta didik yang berkembang sesuai harapan 9 orang atau 47,37% dan yang berkembang sangat baik 5 Orang atau 26,31%. Berikut diagram yang menggambarkan data Siklus I. Dan pada Siklus II peserta didik yang belum berkembang sebanyak 0, peserta didik yang mulai berkembang adalah 0, peserta didik yang berkembang sesuai harapan 4 orang atau 21,05% dan yang berkembang sangat baik 15 Orang atau 78,95%. Berikut diagram yang menggambarkan data Siklus II. Sehingga dari hasil tersebut menyatakan bahwa media papan huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf.

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Amalia Arrasyidi, L., Andriana, E., & Rokmanah, S. . (2022). Penggunaan Media Papan Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Peserta Didik Kelas I SDN Blok C. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 424-439. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.781

Issue

Section

Articles