http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/issue/feed Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 2020-12-25T01:25:28+00:00 Bada'a markmarudin88@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal Bada'a <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1406782788&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">(P-ISSN: 2356-3192)</a> <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1565065135&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">(E-ISSN: 2714-7711)</a> adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Pancor yang sudah terbit sejak tahun 2011. Naskah-naskah jurnal ini diterbitkan dua kali setahun atau setiap enam bulan sekali (Januari-Juni dan Juli-Desember). Jurnal ini terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar.</p> <p> </p> <p> </p> http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/358 Korelasi Media Audio Visual Dengan Hasil Belajar Kelas IV Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 Di SD Negeri Belahantengah Mojokerto 2020-12-02T04:58:08+00:00 Riska Nur Aulia riskapgsd8@gmail.com Ida Sulistyawati keke.idaadi81@gmail.com Susi Hermin Rusminati susiherminr@unipasby.ac.id <p>Media yang menggabungkan dua unsur sekaligus yaitu media audio dimana menggunakan unsur suara yang melibatkan indera pendegaran dan media visul yang menggunakan unsur gambar yang melibatkan indera penglihatan disebut media audio visual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara media audio visul dengan hasil belajar kelas IV tema 3 subtema 1 pembelajaran 1. Metode dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Belahantengah Mojokerto yang berjumlah 31 peserta didik dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan yakni uji normalitas, uji linieritas, dan uji korelasi. Hasil uji korelasi menghasilkan adanya korelasi media audio visual dengan hasil belajar kelas IV tema 3 subtema 1 pembelajaran 1. Hal ini berdasarkan uji korelasi dengan menggunakan bantuan spss diketahui r<sub>hitung</sub> &gt; r<sub>tabel</sub> yaitu 0,831 &gt; 0,355. Dengan taraf signifikasi (Sig) . Sehingga hipotesis Ha yang menyatakan terdapat korelasi antara media audio visual dengan hasil belajar&nbsp; kelas IV tema 3 subtema 1 pembelajaran 1 dapat diterima.</p> 2020-12-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/388 Pengembangan Ensiklopedia Tata Surya Berbasis Pendekatan Inkuiri untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar 2020-12-25T01:25:28+00:00 arnelia dwi yasa arnelia@unikama.ac.id Cicilia Ika Rahayu Nita ciciliaikarahayunita@gmail.com Adelya Mega Insan Putri adeliamegainsanputri@gmail.com <p>Gerakan literasi dilakukan dengan cara membaca buku selain mata pelajaran dalam waktu lima belas menit sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan ensiklopedia tata surya yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian <em>R&amp;D (Research and Development)</em> dengan metode penelitian ADDIE dengan empat tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, dan implementasi.</p> <p>Dalam metode ini tahapan evaluasi tidak dilakukan atas dasar keterbatasan waktu penelitian. Langkah yang terdapat dalam penelitian berikut berupa analisis kebutuhan, proses kerangka desain, pengembangan instrumen validasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, serta&nbsp; implementasi ensiklopedia kepada 10 orang siswa dalam uji lapangan serta guru wali kelas III SDN Sukun 1 Malang. Hasil penelitian diperoleh rata-rata validasi oleh ahli media sebesar 92% layak digunakan, dari ahli materi sebesar 96% layak digunakan, dan dari ahli bahasa sebesar 93% layak digunakan. Sedangkan, kepraktisan ensiklopedia tata surya dari guru sebesar 80% dan siswa kelas III sebesar 87%. Uji keefektifan sebesar 81% yang menunjukkan bahwa modul efektif untuk digunakan.</p> 2020-12-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/385 Kajian Tentang Standar Proses Dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Dasar 2020-12-25T01:17:19+00:00 Dewi Rohiani dewirohiani@gmail.com <p>Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi atau data tentang standar proses dalam kaitan dengan impelementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar yang terkategori sekolah favorit dengan sekolah biasa, kaitannya dengan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.&nbsp; Proses pembelajaran yang diharapkan pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi, peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Dalam penelitian ini menggunakan 8 sampel yaitu 4 sekolah favorite dan 4 sekolah biasa.&nbsp; Dari hasil penelitian&nbsp; bahwa&nbsp; skor tiap-tiap komponen terdapat perbedaan nilai, artinya sekolah favorit memperoleh nilai lebih tinggi yaitu pada perencanaan rata-rata 87,50 dan&nbsp; pelaksanaan pembelajaran rata-rata 86,90.&nbsp; Sedangkan sekolah biasa pada perencanaan mendapat rata-rata 80,78 dan pelaksanaan pembelajaran rata-rata 83,36. Berdasarkan hasil analisis tersebut bahwa sekolah favorit maupun sekolah biasa sama-sama memperoleh kualifikasi Baik</p> 2020-12-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/382 Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Karakter Disiplin Siswadi MI Darul Falah Pematang Benteng Hilir 2020-12-21T22:39:15+00:00 Annor Saputra annorsaputra454@gmail.com Ahmad Rifa'i ahmadrifai210788@gmail.com <p>Pembelajaran akidah akhlak termasuk faktor penting dalam pendidikan anak, kemunduran anak di sekolah sering disebabkan oleh keadaan pembelajaran di sekolah. Melalui pembelajaran akidah akhlak maka akan sangat membantu anak untuk berperilaku baik atau berakhlakul karimah. Baik buruknya pembelajaran akidah akhlak turut mempengaruhi terhadap perilaku siswa, karena sekolah ikut serta dalam upaya membentuk karakter seorang anak.</p> <p>Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah menggunakan metode kuantitatif, dan teknik pengambilan datanya dilakukan dengan angket atau kuesioner. Sedangkan teknik analisis datanya melalui pendekatan statistik regresi.</p> <p>Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh hasil bahwa analisis pengolahan data yang terkumpul dari nilai variabel pembelajaran akidah akhlak dan karakter disiplin siswa dengan menggunakan teknik regresi, untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap karakter disiplin siswa yang di variabelkan menjadi X dan Y sehingga diketahui hasil perhitungannya. Selanjutnya dilakukan pembuktian analisis uji hipotesis yaitu dengan menggunakan program SPSS versi22.0 for windows dan didapatkan nilai r 0,976 dan nilai&nbsp;0,954 yang berarti hasil perhitungan yang telah diketahui bahwa pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap karakter disiplin siswa mencapai 95,4%, dengan kata lain karakter disiplin siswa MI Darul Falah Pematang Benteng Hilir dipengaruhi oleh pembelajaran akidah akhlaksebesar 95,4%, sedangkan yang 4,6% lagi yaitu karakter disiplin siswa dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya baik dari dalam siswa itu sendiri maupun dari luar siswa itu sendiri. Dengan nilai signifikan 0,000 &lt; 0,05 maka hal ini menunjukkan bahwa adanya regresi antara variabel X dan variabel Y. Maka dapat di simpulkan bahwa pembelajaran akidah akhlak memiliki pengaruh yang signifikan dengan karakter disiplin siswa</p> 2020-12-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/359 Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Melalui Metode Wafa Di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin 2020-12-21T02:38:01+00:00 Muhammad Iqbal Ansari muhammadiqbalansari13@gmail.com Abdul Hafiz 2abdulhafiz_haji@yahoo.com Nurul Hikmah nh16520066@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an melalui metode Wafa di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin, serta mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tahfidz Al-Qur’an melalui metode Wafa di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan subjek guru koordinator, wali kelas, dan kepala sekolah. Teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk memperoleh keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tahfidz Al-Qur’an melalui metode Wafa di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin bahwa: 1) Perencanaan, siswa SDIT Nurul Fikri Banjarmasin mampu menghafal Al-Qur’an yaitu juz 29 dan 30. Sistem pembelajaran yang dilakukan dalam kelas dengan dipimpin oleh wali kelas, pembelajaran dilakukan setiap hari senin-jum’at dengan alokasi 2 JP/hari. 2) Pelaksanaan, kegiatan pembelajaran terdiri dari kegiatan pembukaan, inti, dan penutup. 3) Evaluasi, dilakukan dengan evaluasi formatif dan sumatif. Evaluasi formatif dilaksanakan setiap selesai pembelajaran dengan menyetorkan hafalan di setiap pertemuan, sedangkan sumatif dilaksanakan di akhir semester dengan menyetorkan hafalan satu surah secara langsung. Tiga aspek penilaian yaitu aspek kelancaran, makharijul huruf, dan tajwid. Faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tahfidz Al-Qur’an melalui metode Wafa di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin terdiri dari: 1) Faktor-faktor Pendukung yaitu faktor guru, dukungan orangtua, sarana dan prasarana, serta lingkungan. 2) Faktor-faktor penghambat yaitu faktor siswa dan kerjasama orangtua.</p> 2020-12-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/386 Relevansi Bahan Ajar dengan Standar Isi Kurikulum MI/SD Kelas V Tema I (Organ Gerak Hewan dan Manusia) Terbitan Citra Pustaka 2020-12-25T01:09:01+00:00 Siti Nurul Fitriani sitinurulfitriani@iaihnwpancor.ac.id Baiq Zunnur’aeni Yusmayani baiqyusmayani@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi bahan ajar dengan standar isi kurikulum MI/SD Kelas V pada tema organ gerak hewan dan manusia terbitan citra pustaka. Agar tidak terjadi permasalahan di masa mendatang, buku ajar harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu sesuai dengan Stadar Isi Kurikulum MI/SD yang disebutkan dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP). Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu <em>Library Research</em> (Penelitian Kepustakaan) dengan 2 sumber data, data primer dan sekunder.</p> <p>Data primer, yang merupakan sumber utama penelitian ini yaitu buku ajar kelas V MI/D Semester 1 terbitan Citra Pustaka, sedangkan data sekunder yang berasal dari berbagai sumber bacaan seperti jurnal-jurnal, buku, artikel, dan blog di internet yang berkaitan dengan kajian peneliti. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman, dengan cara menganalisis data dengan mereduksi, display dan menggambarkan kesimpulan, Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa isi dari buku ajar kelas V terbitan citra pustaka sudah sesuai dengan Standar isi Kurikulum MI/SD (Standar Kompetensi Lulusan (SKL)&nbsp; dari kompetensi inti dan kompetensi dasarnya) walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa masih terdapat kekurangan-kekurangan namun buku ini sudah memenuhi unsure-unsur yang terdapat pada standar kurikulum 2013.</p> 2020-12-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/384 Penggunaan Media Story Book untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kasembon Bulu lawang Kabupaten Malang 2020-12-24T08:05:52+00:00 Megawati Mahalil Asna megawatimahalil@gmail.com <p>Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman Siswa Kelas IV MI Al-Hidayah Kasembon Bulu lawang Kabupaten Malang padamateri Hijrah Nabi Muhammad saw ke Yatsrib Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam semester 2. Pertanyaan utama yang ingin di jawab pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah proses penggunaan Media <em>Story Boo</em> <em>k</em>padapembelajaran SKI MateriHijrahNabi Muhammad saw ke Yatsrib pada Siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kasembon Bulu lawang ? (2) bagaimana peningkatan pemahaman Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) melalui media <em>Story Book</em> pada SiswaKelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kasembon Bulu lawang Kabupaten Malang? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan dengan penelitian tindakan kelas.</p> <p>Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan tanggal 03 September 2020 sampai 10 Oktober 2020 dan terdiri dari 2 siklus dan satu siklus terdiri atas dua jam pelajaran atau satu kali pertemuan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penyampaian materi sebelumnya guru menyampaikan materi HijrahNabi Muhammad saw ke Yatsrib matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebelumnya menggunakan metode ceramah yakni guru menyampaikan dengan ceramah dan siswa hanya mendengarkan dengan hanya sesekali di beri kesempatan untuk bertanya.</p> <p>Pemahaman siswa tentang materi Isra’ Mi’raj yang di ajarkan dengan metode ceramah sangat rendah. Dari hasil tesulangan harian siswa, dari jumlah 32 siswa hanya sekitar 8 siswa (31%) yang mampu memahami materi Isra’ Mi’raj dan memperoleh hasil yang maksimal atau mencapai batas ketuntasan belajar minimal mereka. Sedangkan sisanya (65%) sekitar 28 siswa memperoleh rata-rata nilai di bawah 60.</p> 2020-12-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/361 Strategi Belajar Dengan Memanfaatkan E-Learning Pada Masa Pandemi Di Sdn 2 Kembang Kerang Aikmel 2020-12-05T02:50:37+00:00 Elfa Yuliana elfayuliana@ymail.com Saepul Bahri saepulbahri@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi belajar dengan memanfaatkan <em>e-learning</em> pada masa pandemi, dan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi belajar dengan pemanfaatan <em>e-learning</em> pada masa pandemi.</p> <p>Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian guru dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber, yaitu memeriksa kembali data yang diperoleh melalui beberapa sumber.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi belajar dengan memanfaatkan <em>e-learning</em> pada masa pandemi di Sekolah Dasar Negeri 2 Kembang Kerang didasari atas ketidak bolehan dalam melakukan pembelajaran secara langsung &nbsp;pada masa pandemi <em>covid 19</em> atau <em>virus corona</em> (2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi belajar dengan pemanfaatan <em>e-learning</em> pada masa pandemi, adapun faktor pendorong strategi belajar dengan memanfaatkan <em>e-learning</em> pada masa pandemi yaitu: motivasi dalam penggunaan dan pengaplikasian internet sangat besar dalam melakukan pembelajaran, baik dari kepala sekolah, guru, maupun siswa, sarana prasarana yang dimiliki sudah lumayan untuk penerapan <em>e-learning</em>. Faktor penghambat: terbatasnya kemampuan guru dalam mengaplikasikan pembelajaran <em>e-learning</em> di sekolah, sumber daya manusia yang belum optimal dalam penerapan strategi belajar dengan memanfaatkan <em>e-learning</em>, belum adanya website <em>e-learning</em>, dan kesadaran semua pihak dalam pentingnya pembelajaran <em>e-learning</em> dalam memajukan pendidikan di sekolah masih sedikit.</p> 2020-12-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar