http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/issue/feed BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 2022-12-02T03:31:56+00:00 Bada'a markmarudin88@gmail.com Open Journal Systems <p>BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar dengan nomor <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1406782788&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">(P-ISSN: 2356-3192)</a> <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1565065135&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">(E-ISSN: 2714-7711)</a> adalah Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidai'yah (PGMI) yang terIndex SINTA 5 KEMENDIKBUD RISTEKDIKTI No 164/E/KPT/2021, yang dikelola oleh Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Pancor yang sudah terbit sejak tahun 2011. Naskah-naskah jurnal ini diterbitkan dua kali setahun atau setiap enam bulan sekali (Januari-Juni dan Juli-Desember). Jurnal ini terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Sekolah Dasar MI/SD.</p> <p> </p> <p> </p> http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/690 Pengembangan Digital Teaching Materials Berbasis T-PACK Dalam Memberdayakan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SDN Pilangbango 2022-08-28T02:58:06+00:00 Qurul Khasanah qurulkhasanah05@gmail.com Pinkan Amita Tri Prasasti pinkan.amita@unipma.ac.id Naniek Kusumawati naniek@unipma.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan <em>Digital Teaching Material</em> Berbasis T-PACK Dalam Memberdayakan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SDN Pilangbango, (2) mengetahui kelayakan pengembangan <em>Digital Teaching Material</em> Berbasis T-PACK Dalam Memberdayakan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SDN Pilangbango. Metode penelitian <em>Research and Development </em>(R&amp;D). Model pengembangan yang digunakan ialah pengembangan Borg and Gall 6 dari 10 tahapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah (1) observasi; (2) angket; (3) dokumentasi; (4) wawancara. Instrument yang digunakan ialah (1) lembar validasi ahli; (2) lembar angket respon siswa.</p> <p>Hasil penelitian sebagai berikut: (1) pengembangan <em>Digital Teaching Material</em> Berbasis T-PACK Dalam Memberdayakan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SDN Pilangbango berupa naskah E-Modul. Naskah ini diwujudkan dalam naskah E-Modul melalui tahapan pengembangan Borg and Gall. (2) hasil kelayakan penelitian berdasarakan penilaian ahli media dengan presentase 88,2%, ahli materi 85,4%, ahli Bahasa 88%, angket respon siswa pada uji coba terbatas dengan rata-rata 100% dari skor tersebut mendapatkan kriteria “Sangat Baik” memenuhi kriteria kelayakan serta layak digunakan.</p> 2022-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/638 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD Negeri 32 Palembang 2022-08-28T00:22:35+00:00 Niken Khairunisa nikenkhairunisa03@gmail.com Ilham Arvan Junaidi ilhamarvanjunaidi@univpgri-palembang.ac.id Imelda Ratih Ayu imeldaratihayu6@gmail.com <p><strong>Abstrak </strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk pengembangan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis <em>Make a Match</em> yang memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga siswa mampu menguasai pembelajaran matematika pada materi bangun ruang dengan mudah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau <em>Research and Development</em>. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (<em>Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation</em>) dan di deskripsikan secara terperinci dari tahap melakukan spesifikasi produk, Flowchart, Storyboard, pengembangan produk, validasi para ahli, serta mengujikan pada peserta didik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 32 Palembang. Data penelitian ini diperoleh dari angket validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi dari tim ahli menilai kualitas tampilan media, penggunaan bahasa dan penyajian materi yang secara keseluruhan memperoleh skor persentase 86,05% dengan kategori sangat valid. Angket kepraktisan keseluruhan siswa memperoleh skor persentase 85,87% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil yang telah dikembangkan oleh peneliti yang berjudul pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran kooperatif tipe <em>make a match</em>(mencari pasangan) pada materi bangun ruang kelas V SD disimpulkan bahwa LKPD Berbasis <em>Make a Match</em> yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid dan praktis.</p> 2022-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/682 Pengembangan Multimedia Interaktif Puzzle Materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa 2022-09-02T07:16:54+00:00 Dayinta Dhety dayintadesty@gmail.com Nurita Primasatya nurita.primasatya@gmail.com Wahid Ibnu Zaman wahidibnu@unpkediri.ac.id <p>Penelitian ini dilatar belakangi hasil wawancara bersama guru kelas 4&nbsp; menunjukkan bahwa peserta didik kelas 4 masih kurang memahami materi KPK dan FPB dikarenakan minimnya penggunaan media pada pembelajaran matematika. Tujuan dari studi ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan Multimedia Interaktif Puzzle dalam penggunaannya sebagai media pembelajaran di kelas. Riset ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) melalui 5 tahap yaitu, Megnanalisis, Merancang; Mengembangkan; Menguji cobakan dan Menilai. Hasil dari penelitian pengembangan multimedia interaktif puzzle&nbsp; KPK &amp; FPB adalah sebagai berikut : (1) Hasil dari validasi media menghasilkan persentase sebesar 88% media dinyatakan valid dan tidak perlu adanya resvisi, (2) Hasil dari validasi materi menghasilkan persentase sebesar 88% materi dikatakan valid dengan tidak adanya refisi untuk belajar (3) Hasil respon guru mendapatkan persentase sebesar 86% dengan demikian media dinyatakan praktis dan dapat digunakan, (4) Hasil ketuntasan klasikal siswa mendapatkan persentase sebesar 95% &nbsp;dengan nilai rata-rata 80 dengan demikian media pembelajaran dinyatakan efektif dan dapat digunakan.</p> 2022-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/678 Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD 2022-08-19T15:25:27+00:00 Gessri Aikasari gesriaikasari@gmail.com Adrianus Dedy dedyadrianus30@gmail.com Putri Dewi Nurhasanah putridewi.nurhasana@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran penerapan metode <em>hypnoteaching </em>dalam pembelajaran IPS siswa kelas V, mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar IPS siswa kelas V setelah diterapkannya metode <em>hypnoteaching</em>, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode <em>hypnoteaching </em>terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas V SD Negeri 079 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen jenis <em>Quasi Eksperimental Design </em>tipe <em>Nonequivalent Control Group Design</em>. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 079 Palembang yang berjumlah 58 siswa. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas V SD yang berjumlah 58 siswa, dan sampel yang digunakan yaitu seluruh populasi yang berjumlah 58 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi untuk memperoleh data penerapan metode <em>hypnoteaching</em>, hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik, selanjutnya metode tes objektif untuk memperoleh data hasil belajar aspek kognitif, dan metode dokumentasi untuk memperoleh data berupa foto kegiatan pembelajaran. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t-test <em>polled varian </em>serta analisis lembar observasi hasil belajar afektif dan psikomotorik. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa setelah menggunakan metode <em>hypnoteaching </em>meningkat dan lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvesional, hal ini terlihat pada rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 75,17 sedangkan rata-rata kelas eksperimen sebesar 85,51 yang artinya meningkat sebesar 8,8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode hypnoteaching dengan hasil belajar IPS yang diperoleh siswa kelas V SD Negeri 079 Palembang tahun pelajaran 2021/2022. Dengan kontribusi metode <em>hypnoteaching</em> mempengaruhi hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 079 Palembang sebesar 9,6%.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata </strong><strong>K</strong><strong>unci</strong><strong>:</strong> Hasil Belajar, Metode <em>Hypnoteaching</em></p> 2022-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/670 Pengaruh Adat Istiadat Terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar Di Kota Maumere 2022-08-23T22:38:42+00:00 Mario Florentino mario.19003@mhs.unesa.ac.id <p>Adat istiadat&nbsp;adalah kumpulan tata kelakuan yang paling tinggi kedudukannya karena bersifat kekal dan terintegrasi sangat kuat terhadap masyarakat yang memilikinya. Perkembangan dan karakteristik anak pada usia SD berbeda-beda, antara anak yang satu dengan anak yang lainnya, karakter anak pada masa kelas rendah berbeda dengan karakter anak pada kelas tinggi, hal ini dapat dilihat dalam proses pembelajaran anak. Siswa Sekolah Dasar merupakan anak yang paling banyak mengalami perubahan sangat dratis baik mental maupun fisik. Usia anak SD yang berkisar antara 6-12 tahun menurut Seifert dan Haffung memiliki tiga jenis perkembangan yaitu perkembangan fisik, kognitif dan psikososial. Berdasarkan hasil penelitian, adat istiadat di Maumere telah mempengaruhi proses perkembangan anak usia SD. Melalui tarian <em>Bebing</em>, anak usia SD sudah diajarkan bagaimana menghormati dan menghargai jasa para pahlawan. Melalui adat <em>Patikarapau </em>dan<em> gren mahe</em>, anak diajarkan untuk membaur dengan lingkungan tempat tinggalnya, bagaimana menciptakan hubungan yang harmonis dengan sesamanya. Seluruh ada istiadat di Maumere pada dasarnya dapat membentuk perkembangan anak usia SD terutama dari aspek afektif dan Psikomotoriknya. Yang penting, pengetahuan tentang perbedaan adat istiadat juga dapat membantu kita memahami kesamaan semua anak: keingintahuan yang tak pernah puas tentang dunia dan cinta bagi orang-orang di sekitar mereka.</p> 2022-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/661 Pengaruh Karakteristik Gender Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 32 Palembang 2022-08-28T00:14:16+00:00 Nadia Charisma nadiakharismaamri@gmail.com Eni Heldayani eniheldayani@univpgri-palembang.ac.id Tanzimah Tanzimah tanzimah.imah@yahoo.com <p>Banyaknya pendapat para ahli yang mengatakan bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran maskulin, yang artinya siswa laki-laki lebih tertarik dengan pembelajaran tersebut, sedangkan perempuan cenderung lebih cemas, lebih lemah serta kurang mampu memahami ketika menghadapi pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perbedaan hasil belajar antara siswa laki-laki dan perempuan dalam pembelajaran Matematika di kelas V. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA dan VB yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah teknik sampling total. Data yang didapat oleh peneliti dalam penelitian ini dengan menggunakan soal <em>post-test</em> berupa pilihan ganda materi bangun ruang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang didapatkan peneliti dalam soal <em>post test</em> siswa laki-laki adalah 71,79, sedangkan nilai rata-rata dari soal <em>post test</em> siswa perempuan adalah 85,21. Berdasarkan analisis data, sampel berdistribusi normal dan homogen. Setelah data berdistribusi normal dan homogen, data di analisis menggunakan Uji <em>independent Sampel T-Test </em>dan diperoleh t<sub>hitung</sub> = 3,241 dan nilai t<sub>tabel</sub> = 2,009 dengan taraf signifikansi 0,05, sehingga nilai t<sub>hitung </sub>3,241 &gt; t<sub>tabel </sub>2,009. Dengan demikian setelah melihat hasil uji-t dan nilai rata-rata siswa laki-laki dan siswa perempuan dapat disimpulkan bahwasanya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa laki-laki dan hasil belajar siswa perempuan pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 32 Palembang.</p> 2022-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/655 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ispring Pada Materi Organ Pencernaan Manusia Untuk Kelas V SD Negeri 186 Palembang 2022-08-28T02:48:08+00:00 Oktaviasari Oktaviasari oktaviasari080@gmail.com Destiniar Destiniar destiniar@univpgri-palembang.ac.id Susanti Faipri Selegi susantifaipriselegi@univpgri-palembang.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran interaktif <em>ispring </em>yang memenuhi kriteria valid, praktis dan memiliki efek potensial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau <em>Research and Development.</em> Model pengembangan yang digunakan adalah 4D (<em>Define, Design, Development and Disseminate</em>). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 186 Palembang. Data penelitian ini diperoleh dari angket validasi, angket respon siswa dan guru serta soal tes siswa. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi dari tim ahli skor persentase 91% dengan kategori sangat valid. Angket kepraktisan keseluruhan siswa memperoleh skor persentase 93% dengan kategori sangat praktis dan angket kepraktisan keseluruhan guru memperoleh skor persentase 96% dengan kategori sangat praktis. Hasil efek potensial keseluruhan siswa memperoleh skor 90% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang telah dikembangkan oleh peneliti yang berjudul pengembangan media pembelajaran interaktif <em>ispring </em>pada materi organ pencernaan manusia untuk kelas V SD disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif <em>ispring </em>yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan memiliki efek potensial.</p> 2022-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/810 Analisis Implementasi Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Tematik Tema 7 Indahnya Keragaman di SD Negeri Palembang 2022-12-02T02:28:15+00:00 Nurlaeli Nurlaeli nurlaeli_uin@radenfatah.ac.id Puput Kurnia Puputkurnia299@gmail.com Tastin Tastin tastin_uin@radenfatah.ac.id Ahmad Syarifuddin ahmadsyarifuddin_uin@radenfatah.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran tematik tema 7 serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran tematik tema 7. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari peserta didik, pendidik.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan komponen teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi sumber, triangulasi data dengan waktu penelitian di pagi hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya di dalam pembelajaran tematik tema 7 sub tema 1 “keragaman Suku Bangsa dan agama di Negeriku” 1). Belajar mengenai keragaman suku bangsa yang ada di Indonesia 2). Bermain peran dan menyanyikan lagu daerah serta menghafalkan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”, 3). Mengenalkan ragam bahasa daerah di Indonesia 4). Mengenalkan keragaman agama yang ada di Indonesia, 5). Kunjunngan ke Museum Balaputra Dewa. Faktor pendukungnya ialah letak sekolah yang strategis yang mana sekolah dekat dengan masjid dan vihara serta peserta didik yang berasal dari suku bangsa yang berbeda- beda, kondisi kelas yang nyaman. Faktor penghambat di sekolah tidak terdapat tempat untuk beribadah, di pembelajaran yang masih sebagian daring masih terdapat tiga peserta didik yang tidak memiliki handphone sehingga mengharuskan ketiga peserta didik itu datang ke sekolah untuk belajar secara langsung dengan pendidik, masih terdapat beberapa peserta didik yang kurang mampu menanamkan nilai keadilan dan toleransi</p> 2022-12-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/650 Pengaruh Gender Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 79 Palembang 2022-08-23T22:15:25+00:00 Karmila Karmila krmla0712@gmail.com Nora Surmilasari norasurmilasari@gmail.com Arief Kuswidyanarko kuswidyanarkoarief@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Gender Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 79 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengumulan tes dan dokumentasi hasil belajar matematika. Kelas IV B dipilih sebagai sampel pada penelitin ini dengan teknik <em>purposive sampling</em> karena penentuan sampel dengan menggunakan pertimbangan tertentu. Dari hasil analisis tersebut pada nilai <em>pretes</em>t diperoleh nilai signifikan t<sub>hitung</sub> 2,60 &gt; t<sub>tabel </sub>2,048 pada nilai <em>posttest</em> diperoleh nilai yang signifikan 2,81&gt; t<sub>tabel</sub> 2,048 Namun dari hasil tes awal dan tes akhir siswa laki-laki dan siswa perempuan mengalami peningkatan dari hasil belajar matematika setelah dilakukan perlakuan menggunakan video pembelajaran. Maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh gender terhadap hasil belajar matematikam melalui video pembelajaran pada siswa kelas IV SD Negeri 79 Palembang.</p> 2022-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/781 Penggunaan Media Papan Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Peserta Didik Kelas I SDN Blok C 2022-12-02T02:44:22+00:00 Laila Amalia Arrasyidi lailaamalia1701@gmail.com Encep Andriana andriana1188@untirta.ac.id Siti Rokmanah sitirokmanah@untirta.ac.id <p>Mengenal huruf merupakan permasalahan yang terjadi pada peserta didik kelas 1 saat ini. Masih banyak peserta didik di bangku kelas 1 belum mengenal huruf. Tujuan dari disusunnya jurnal penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik dalam mengenal huruf. penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 Siklus. Dari hasil penelitian diperoleh hasil&nbsp; berikut : tahap pra siklus peserta didik yang belum berkembang sebanyak 3 orang atau 15,78%, peserta didik yang mulai berkembang adalah 6 orang atau 31,57%, peserta didik yang berkembang sesuai harapan 10 orang atau 52,63% dan yang berkembang sangat baik 0 anak. Pada tahap Siklus I peserta didik yang belum berkembang sebanyak 0, peserta didik yang mulai berkembang adalah 5 orang atau 26,31%, peserta didik yang berkembang sesuai harapan 9 orang atau 47,37% dan yang berkembang sangat baik 5 Orang atau 26,31%. Berikut diagram yang menggambarkan data Siklus I. Dan pada Siklus II peserta didik yang belum berkembang sebanyak 0, peserta didik yang mulai berkembang adalah 0, peserta didik yang berkembang sesuai harapan 4 orang atau 21,05% dan yang berkembang sangat baik 15 Orang atau 78,95%. Berikut diagram yang menggambarkan data Siklus II. Sehingga dari hasil tersebut menyatakan bahwa media papan huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf.</p> 2022-12-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/648 Pengembangan Media Kartu Kuartet Bagian Tubuh Manusia “BATU” Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar 2022-08-28T03:17:45+00:00 Yunita Saputri yunitasaputri2018@gmail.com Sylvia Lara Syaflin sylvialaras@gmail.com Ilham Arvan Junaidi ilhamarvanjunaidi@univpgri-palembang.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengethui pengembangan media kartu kuartet muatan IPA yang menjadi sebuah produk yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE. Pengembangan model ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implemantation, Evaluation) </em>identik dengan pengembangan system pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media kartu kuartet yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan sangat valid. Pada penelitian ini dihasilkan nilai kevalidan didapat dari ketiga hasil validasi materi, bahasa, dan media. Skor yang diperoleh secara berurut yaitu 82,6%, 88,4%, 78,8%. Selanjutnya media kartu kuartet yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis, memperoleh nilai kepraktisan 83,2%. Dapat disimpulkan bahwa media kartu kuartet bagian tubuh manusia “BATU” dapat digunakan untuk media pembelajaran siswa Sekolah Dasar.</p> <p>&nbsp;</p> 2022-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/738 Studi Kasus Rasa Kurang Percaya Diri Siswa Kelas Tinggi SDN 3 Tanjungtani Pada Saat Menyampaikan Argumennya Di Kelas dan Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri 2022-12-02T03:31:56+00:00 Ratna Puspitasari ratnasevenfoldism@gmail.com Muhamad Basori muhamadbasori@unpkediri.ac.id Kukuh Andri Aka kukuh.andri@unpkediri.ac.id <p>Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya percaya diri pada siswa dan menjelaskan bagaimana upaya seorang guru meningkatkan percaya diri siswa dengan tepat. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil penelitian yang diharapkan dapat membantu memberikan sumbangan pemikiran dan jalan keluar langkah-langkah apa yang perlu diambil oleh guru. Lingkup penelitian adalah siswa kelas IV dan V SDN 3 Tanjungtani Prambon. Untuk menetapkan siswa yang mengalami rasa kurang percaya diri dipergunakan aspek-aspek yang terkandung dalam kepercayaan diri antara lain: Keyakinan akan kemampuan diri, Opini, Objektif, Bertanggung jawab, Rasional. Penelitian ini menggunakan studi kasus, dengan metode penelitian kualitatif dimana peneliti berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku siswa dalam situasi tertentu menurut perspektif peneliti sendiri. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah 1) Faktor-faktor yang mempengaruhi kurang rasa percaya diri antara lain: konsep diri, harga diri, pengalaman hidup, pendidikan, pekerjaan dan lingkungan keluarga, 2) Cara menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa adalah dengan memberi sebuah motivasi, melibatan siswa dalam mengambil sebuah keputusan, memberi tantangan, dan memberi apresiasi.</p> 2022-12-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/640 Pengaruh media video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sifat-sifat wujud benda kelas V SD 2022-08-27T23:52:10+00:00 Mutiara Fadillah mutiarafadillah23@gmail.com Susant Faipri Selegi susantifaipriselegi@univpgri-palembang.ac.id Puji Ayurahcmawati pujiayurachmawati@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskriptifkan pengaruh media video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sifat-sifat wujud benda kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode <em>True Eksperimen</em> design dengan meggunakan desain <em>Pretest-Posttest Control Group Desaign.</em> Dalam penelitian ini seluru kelas V di SD Negeri 99 Palembang sebagai populasi. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data mengunakan tes dan Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji-t (<em>Independem Sampel T-Test</em>). Hasil <em>per-test</em> dan <em>post-test</em> diperoleh nilai <em>per-test</em> kelas kontrol 54,42 (katagori rendah) dan kelas eksperimen 56,53 (katagori sedang) sedangkan nilai <em>post-test</em> kelas eksperimen diperoleh dengan&nbsp; nilai rata-rata = 83,65 (katogori sangat tinggi) dan kelas kontrol = 63,07 (katagori sedang). Hasil analisis uji hipotesis diketahui &nbsp;5,290 hal tersebut kemudian dibandingkan dengan &nbsp;di mana taraf kepercayaan α = 0,05% (5%) dengan dk = + &nbsp;= 26 + 26 – 2 =50 diperoleh nilai &nbsp;= 2,009. Sehingga = 5,290 &gt; &nbsp;= 2,009&nbsp; maka &nbsp;ditolak &nbsp;diterima&nbsp; yang berarti terdapat&nbsp; perbedaan yang signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa video animasi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sifat-sifat wujud benda kelas V SD.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong> : media video animasi, berpikir kritis.</p> 2022-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/688 Pengembangan Media Pembelajaran Pumkabuja (Pop-Up Monopoli Keragaman Budaya Pulau Jawa) Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV 2022-08-19T05:06:17+00:00 Fenny Anindya fennyanindya88@gmail.com Nurita Primasatya nurita.primasatya@gmail.com Wahid Ibnu Zaman wahidibnu@unpkediri.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didasari oleh minimnya penggunaan media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar dan pembelajaran masih didominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&amp;D dengan menggunakan model ADDIE . Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Senden 1 Kayenkidul Kabupaten Kediri. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan teknik analisis data berupa instrumen angket validasi media dan materi, soal posttest, angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media PUMKABUJA dinyatakan valid, dapat dibuktikan dengan hasil validasi ahli media memperoleh skor 85,4%, pada hasil validasi ahli materi IPS memperoleh skor 96%. Jadi rata-rata persentase skor yang diperoleh dari ahli media dan materi adalah 90,7% dengan kriteria sangat valid. (2) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media PUMKABUJA dinyatakan praktis, dapat dibuktikan dengan hasil angket respon guru memperoleh skor 93,8%, pada hasil angket respon siswa memperoleh skor 95%. Jadi rata-rata persentase skor yang diperoleh dari angket respon guru dan siswa adalah 94,4% dengan kriteria sangat praktis. (3) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media PUMKABUJA dinyatakan efektif, dapat dibuktikan dengan hasil nilai posttest memperoleh skor rata-rata sebesar 86,25% dengan memperoleh ketuntasan belajar klasikal 90% termasuk dalam kriteria sangat efektif. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini dapat dinyatakan media pembelajaran PUMKABUJA dinyatakan valid, praktis dan efektif.</p> 2022-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/680 Pengembangan Media Pembelajaran PEBI (Panggung Ekosistem Budaya Indonesia) Subtema Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar 2022-08-28T03:33:39+00:00 Zidni Ilmatun Nafi’ah zidniilma900@gmail.com Nurita Primasatya nurita.primasatya@gmail.com Wahid Ibnu Zaman wahidibnu@unpkediri.ac.id <p>Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi yaitu guru tidak pernah menggunakan media dalam proses pembelajaran terutama pada pembelajaran tematik, guru hanya mengacu pada buku guru dan buku siswa saja. Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran tematik mengahruskan guru untuk menggunakan media yang relevan dan konkret. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan media pembelajaran PEBI subtema hubungan makhluk hidup dalam ekosistem kelas V sebagai media di sekolah dasar. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Reasearch and Development (R&amp;D) dengan model ADDIE. Dalam ADDIE terdapat beberapa tahapan yang meliputi Analyze (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian ini adalah media yang dikembangkan adalah sangat valid dengan presentase skor 84%. Sedangkan untuk validasi materi dengan memperoleh presentase skor 82%. Media PEBI dinyatakan “sangat efektif” dengan dilakukan uji coba dan menunjukkan nilai rata-rata 91 sehingga siswa memperoleh nilai ≥ KKM 75 dengan ketuntasan belajar klasikal 94%. Media PEBI dinyatakan sangat praktis diperoleh dari angket respon guru dan siswa dengan presentase skor 94%. Jadi media PEBI valid, efektif, dan praktis.</p> 2022-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/677 Pemberian Reward dan Punishment Pada Mapel PAI Dalam Meningkatkan Hasil belajar Peserta didik Di Kelas I SD Laboratorium UNG 2022-08-19T14:49:49+00:00 Firmansah Kobandaha Firman firmansyahkobandaha@gmail.com Annisa Nuraisyah Annas annisanuraisyahannas@gmail.com <p><em>Penelitian ini mengkaji Pemberian Reward dan punishment dalam meningkatkan&nbsp;&nbsp; belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pemberian penelitian tindakan kelas</em>. Pada penelitian tindakan ini menggunakan 3 (tiga) siklus yang masing-masing siklus terdiri 2 kali pertemuan<em>. Penelitiian ini menunjukan bahwa &nbsp;peserta didik merasa bersemangat dalam proses belajar dan tujaun pembelajaranpun tercapai dengan efektif dan efisein.. Reward Dan Punushment&nbsp; mempunyai peran penting terhadap peningktan hasil belajarpeserta didik. Peserta didik yang yang mendapat Reward dan Punishment&nbsp; dengan serta merta motivasi belajarnya meningkat. Peserta didik terdorong untuk mengerjakan tugas karena adanya dorongan untuk melakukanya. Pemberian Reward ada berupa sanjungan, hadiah dari guru dan nilai. Berdasarkan temuan di lapangan saat penelitian tindakan kelas peneliti berkesimpulan bahwa&nbsp; pemberian reward dan punishment dapat meningkatkan&nbsp;&nbsp; belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran PAI.</em></p> 2022-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/667 Pengaruh Model Picture And Picture Dengan Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Persuasi Siswa Sekolah Dasar 2022-08-27T22:57:48+00:00 Missi Ananda Putri missiputri11@gmail.com Adrianus Dedy adrianusdedypgri@gmail.com Puji Ayurachmawati pujiayurachmawati@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskriptifkan pengaruh dengan gambar berseri terhadap kemampuan menulis karangan persuasi siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode <em>True Experimental Design </em>dengan menggunakan desain <em>Pretest-Posttest Control Group Design</em>. Dalam penelitian ini seluruh kelas V di SD Negeri 99 Palembang sebagai populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah <em>Sample Random Sampling. </em>Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji-t (<em>Independent Sampel T-Test</em>). Hasil analisis uji hipotesis diketahui bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen = 83,70 dan nilai rata-rata kelas kontrol = 70 serta hasil yang ditunjukkan juga dari nilai &nbsp;4,981 hal tersebut kemudian dibandingkan dengan &nbsp;di mana taraf kepercayaan α = 0,05% (5%) dengan dk = + &nbsp;= 27 + 27 – 2 = 52 diperoleh nilai &nbsp;= 2,007. Sehingga &nbsp;&gt; &nbsp;maka &nbsp;ditolak &nbsp;diterima maka hipotesis menyatakan bahwa model <em>picture and picture </em>dengan gambar berseri bepengaruh terhadap kemampuan menulis karangan persuasi siswa sekolah dasar.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci</strong> : model <em>picture and picture; </em>kemampuan menulis; Bahasa Indonesia</p> 2022-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/656 Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran SBdP Di SD Negeri 23 Palembang 2022-08-19T03:42:32+00:00 Duheriani Duheriani duher12345@gmail.com Treny Hera trenyhera19@gmail.com Rury Rizhardi ruryrizhardi@univpgri-palembang.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh <em>ice breaking</em> terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran SBdP. Masalah Penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siwa pada pembelajaran SBdP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode<em> True Experimental design</em> dengan menggunakan desain penelitian <em>Pretest-Postest</em> <em>Contol Group Design. </em>Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV.A dan siswa kelas IV.B yang diambil dengan teknik <em>Sampling Purposive. </em>Metode pengumpulan data adalah angket motivasi belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis data menujukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar siswa pada pembelajaran SBdP melalui teknik <em>ice breaking</em>. Hasil analisis uji hipotesis di ketahui bahwa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dapat di lihat dari nilsi rata-rata kelas eksperimen adalah 72,2 dan kelas kontrol adalah 59,73. Dan hasil yang ditunjukkan juga dari nilai &nbsp;adalah 9,584, hal tersebut kemudian dibandingkan dengan &nbsp;dimana taraf kepercayaan α = 0,05% (5%) dengan dk = = 30 + 30 2=58 diperoleh nilai adalah 2,002. Sehingga &nbsp;&gt; &nbsp;maka &nbsp;ditolak diterima yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam motivasi belajar siswa, sehingga dapat simpulkan bahwa <em>ice breaking </em>terdapat pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran SBdP di SD Negeri 23 Palembang.</p> 2022-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/651 Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Pada Materi Siklus Air Terhadap Hasil Belajar Kelas V di SD 2022-08-28T02:28:06+00:00 Nur Utami utamillg@gmail.com Sylvia Lara Syaflin sylvialaras@gmail.com Susanti Faipri Selegi susantifaipriselegi@univpgri-palembang.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui pengaruh hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Inside Outside Circle dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SD Negeri 99 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah <em>tru eksperimen Design</em> dengan desain <em>Pretest-Posttest Control Group Desain.</em> Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VB dan siswa kelas VD yang diambil dengan teknik <em>simple random sampling.</em> Metode pengumpulan data adalah tes berupa pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPA antar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran <em>Inside Outside Circle</em> dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Hasil analisis uji hipotesis di ketahui bahwa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol dapat di lihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen = 80,07 dan kelas kontrol = 69. Dan hasil yang ditunjukan juga dari nilai &nbsp;3,016, hal tersebut kemudian dibandingkan dengan &nbsp;di mana taraf kepercayaan α = 0,05% (5%) dengan dk = + &nbsp;= 27 + 27 – 2 =52 diperoleh nilai &nbsp;2,007. Sehingga &nbsp;&gt; &nbsp;maka &nbsp;di tolak &nbsp;di terima maka hipotesis menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran <em>inside outside circle</em> pada materi siklus air terhadap hasil belajar kelas V di SD.</p> 2022-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/797 Penerapan Metode Ice Breaking Untuk Menstimulus Konsentrasi Peserta Didik Kelas 5A SDN Serang 21 2022-12-02T02:33:54+00:00 Fauziah Nuraini fauziah.nuraini2002@gmail.com Encep Andriana encepandriana@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode <em>ice breaking</em> untuk menstimulus konsentrasi peserta didik kelas 5A SDN Serang 21. <em>Ice breaking</em> memiliki pengertian sebagai metode untuk menghilangkan kejenuhan belajar yang dirasakan peserta didik dengan menyelipkan kegiatan menyenangkan untuk membangkitkan semangat peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Adapun metode yang dilakukan pada penelitian ini berupa kualitatif deskriptif, yang mana peneliti akan menuliskan gambaran fenomena secara nyata apa adanya sesuai dengan yang terjadi di lapangan. Teknik penelitian yang dilakukan yaitu berupa observasi, penerapan RPP, dan dokumentasi seperti foto kegiatan dan pemberian pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui data-data yang diperlukan dari pandangan peserta didik. Setelah peniliti menerapkan metode <em>ice breaking</em>, peneliti menemukan bahwa metode ini memberikan perubahan yang signifikan untuk mesntimulus konsentrasi peserta didik dalam pembelajaran yang dilakukan.</p> 2022-12-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/649 Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Materi Bumi Dan Alam Semesta Pada Pembelajaran IPA Kelas VI SDN Sukakarya 2022-08-23T21:59:10+00:00 Indar Pahmawati Pakpahan indarpahmawatipakpahan24@gmail.com Susanti Faipri Selegi susantifaipriselagi@gmail.com Sylvia Lara Syaflin sylvialaras@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar <em>e-modul</em> berbasis <em>flipbook</em> materi bumi dan alam semesta pada pembelajaran ipa kelas VI SDN Sukakarya yang valid dan praktis. Penelitian ini menngunakan metode <em>Research dan development </em>dengan menggunakan model 3D (<em>Define, Design, Development</em>). Hasil analisis data menunjukan <em>e-modul</em> yang dikembangkan termasuk kategori “sangat valid” berdasarkan lembar angket validasi para ahli yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa dengan nilai rata-rata kevalidan sebesar 98% dan <em>e-modul</em> yang dikembangkan dengan kategori “sangat praktis” berdasarkan lembar angket respon peserta didik dan hasil ujicoba kepraktisan dengan rata-rata sebesar 96% . Berdasarkan hasil tersebut menunjukan bahwa produk <em>e-modul</em> dapat digunakan pada materi bumi dan alam semesta pada pembelajaran IPA kelas VI SDN Sukakarya Musi Rawas.</p> 2022-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/757 Pengembangan Pengembangan buku ajar bahasa Indonesia berbasis literasi digital pada kelas V SDN 2 Tebaban 2022-12-02T02:18:17+00:00 Hopipatussolihah Hopipatussolihah hopipatussolihah@gmail.com Donna Boedi Maritasari boediselong@gmail.com Arif Rahman Hakim arif_pd@hamzanwadi.ac.id M. Syahruddin Amin muhammdahsyahruddinamin@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar Bahasa Indonesia berbasis literasi digital dengan menggunakan desain penelitian pengembangan (Resech and Development) ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Hasil uji validasi ahli tampilan dengan jumlah skor 41dengan rata-rata skor 4,1 berada pada rentang skor 33,97 - 41,88 kategori “Baik”. Hasil uji validasi ahli materi dengan jumlah skor 79 dengan rata-rata skor 4,152 berada pada rentang skor 64,57 - 79,68 kategori “Baik”, sedangkan untuk ahli bahasa memiliki jumlah skor 47 dengan rata-rata skor 4,2, berada pada rentang skor 46,15 - 55,00 kategori “Sangat Baik”.&nbsp; Untuk hasil angket respon siswa didapatkan jumlah skor&nbsp; 952 dengan rata-rata skor 86,82 berada pada rentang skor 46,15 - 55,00 kategori “ Sangat Baik”. Sehingga dapat disimpulkan, buku ajar Bahasa Indonesia berbasis literasi digital layak digunakan sebagai bahan ajar penunjang kegiatan belajar di sekolah maupun di rumah.</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar Bahasa Indonesia berbasis literasi digital dengan menggunakan desain penelitian pengembangan (Resech and Development) ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Hasil uji validasi ahli tampilan dengan jumlah skor 41dengan rata-rata skor 4,1 berada pada rentang skor 33,97 - 41,88 kategori “Baik”. Hasil uji validasi ahli materi dengan jumlah skor 79 dengan rata-rata skor 4,152 berada pada rentang skor 64,57 - 79,68 kategori “Baik”, sedangkan untuk ahli bahasa memiliki jumlah skor 47 dengan rata-rata skor 4,2, berada pada rentang skor 46,15 - 55,00 kategori “Sangat Baik”. Untuk hasil angket respon siswa didapatkan jumlah skor 952 dengan rata-rata skor 86,82 berada pada rentang skor 46,15 - 55,00 kategori “ Sangat Baik”. Sehingga dapat disimpulkan, buku ajar Bahasa Indonesia berbasis literasi digital layak digunakan sebagai bahan ajar penunjang kegiatan belajar di sekolah maupun di rumah.</p> 2022-12-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/642 Efektivitas Pemberian Reward Point Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 5 Palembang 2022-08-19T15:44:12+00:00 Iga Ulfa Memanti igakulfa@gmail.com Dian Nuzulia Armariena diannuzulia@univpgri-palembang.ac.id Susanti Faipri Selegi susantifaipriselegi@univpgri-palembang.ac.id <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Kurangnya motivasi belajar bahasa Indonesia siswa menjadi penyebab kurang antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran, oleh karena itu diperlukannya sebuah metode yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan metode pemberian <em>reward point</em>. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pemberian <em>reward</em> point terhadap motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 5 Palembang. Jenis penelitian ini adalah <em>Quasi Eksperimental Design</em> dengan desain <em>Nonequivalent Control Grup</em> dengan menggunakan sampel dua kelas. Teknik analisis data dengan uji normalitas dengan rumus <em>kolmogorov smirnov,</em> uji homogenitas dengan uji F, dan uji hipotesis dengan uji t. Berdasarkan hasil penyebaran angket motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 85,28% dengan kategori sangat baik, kemudian nilai rata-rata soal uraian <em>pretest</em> kelas eksperimen yaitu 52 dengan kategori kurang baik, sedangkan nilai rata-rata <em>posttest</em> kelas eksperimen sebesar 85,6 dengan kategori sangat baik. Hasil hipotesis dengan uji t yaitu t<sub>hitung</sub> 2,484 lebih besar dari t<sub>tabel </sub>2,010 yang artinya h<sub>a</sub> diterima dengan demikian <em>reward point</em> efektif terhadap motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 5 Palembang.</p> <p>Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Pemberian <em>Reward Point</em>.</p> 2022-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar