HUKUM JUAL BELI HARTA WAKAF DALAM PERSFEKTIF EMPAT IMAM MADZHAB (IMAM MALIKI, IMAM HANAFI, IMAM SHAFI’I DAN IMAM HAMBALI)

  • Ayudin Ayudin IAI HAMZANWADI NW PANCOR
Keywords: Jual Beli, Harta Wakaf, Empat Imam, Ahlussunnah wal Jamaah

Abstract

Islam merupakan agama penyempurna  dari semua agama samawi yang telah diturunkan oleh Allah SWT melalui para Rasul Nya. Islam merupakan agama yang di dalam ajarannya mengajarkan manusia tata cara melaksanakan tugas yang diemban sebagai kahalifah dimuka bumi ini. Agama Islam mengajarkan bahwa bumi dan segala isinya ini merupakan ciptan Allah SWT yang diberikan kepada manusia untuk dipergunakan dengan sebaik-baiknya bagi kesejahteran bersama dalam hidup bermasyarakat.

Untuk mencapai tujuan yang sangat mulia ini ajaran dalam agama Islam terbagi menjadi tiga komponen utama dan merupakan dasar dari kehidupan manusia dalam hidup sehari-hari yaitu meliputi komponen Akidah, Akhlak dan Shariah. Dua komponen yang pertama yaitu komponen Akidah dan Akhlak bersifat konstan. Tidak mengalami perubahan apapun dengan perbedaan waktu dan tempat. Kedua ajaran tersebut dalam agama Islam mengandung nilai-nilai keimanan dan sekaligus menuntut seorang manusia untuk menjadi khalifah di muka Bumi ini. Sedangkan komponen yang terakhir yaitu Shariah senantiasa mengalami perubahan sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemajuan peradaban manusia, yang berbeda-beda dan berubah sesuai dengan perubahan atas waktu dan tempat. Diantara bentuk dari perubahan ini adalah nampak dari dinamisnya pelaksanaan hukum jual beli Harta Wakaf sejak era para Sahabat hingga masa Imam Maliki, Imam Hanafi, Imam Shafii dan Imam Hanbali. Keempat Imam ini dikenal oleh sebagian besar muslim di Dunia sebagai para Imam dari Ahlussunnah wal Jamaah.

References

Antonio, Muhammad Syafi’i. Bank Syari’ah Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani, 2001. Cet. 1.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara, 1998.
Dahlan, Abdul Aziz (Ed). Ensiklopedi Hukum Islam. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 2003. Cet-6.
Departemen Agama RI, al-Qur’an dan Terjemah. Jakarta: Pt. Riels Grafika, 2009.
Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam. Ensiklopedi Islam. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 2003.
Esposito, John L.. Ensiklopedi Oxsford Dunia Islam Modern. Alih Bahasa Eva Y.N. Dkk. Bandung: Mizan, 2002. Cet. 2.
al-Kabisi. Muhammad Abid Abdullah. Hukum Wakaf. Jakarta : Cahaya Persada, 2003.
Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih Lima Mazhab. Alih Bahasa Masykur A.B. Dkk. Jakarta: Lentera, 2007. Cet. 19.
Supardi. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyayakarta: UII Press, 2005.
Published
2017-09-20
How to Cite
Ayudin, A. (2017). HUKUM JUAL BELI HARTA WAKAF DALAM PERSFEKTIF EMPAT IMAM MADZHAB (IMAM MALIKI, IMAM HANAFI, IMAM SHAFI’I DAN IMAM HAMBALI). Maqosid: Jurnal Studi Keislaman Dan Hukum Ekonomi Syariah, 8(2), 57-77. Retrieved from http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/maqosid/article/view/16
Section
Articles