TINDAK PIDANA KORUPSI (KAJIAN NORMATIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM)

  • Hijri Samsuri IAI HAMZANWADI NW PANCOR
Keywords: Islam, al-Qur’an, al-Hadits, Korupsi, KPK.

Abstract

Korupsi, istilah tersebut kini menjadi populer di tengah masayarakat karena setiap saat media cetak, media elektronik baik lokal maupun nasional memberitakan kasus-kasus korupsi. Korupsi telah menjadi isu dan persoalan hampir seluruh Negara-negara di dunia, baik Negara miskin atau Negara kaya tak terhindar dari persoalan korupsi. Karena dinilai sebagai persoalan serius oleh dunia internasional, maka diadakan forum dunia yang khusus membahas upaya-upaya pencagahan dan pemberantasan korupsi yang dikenal dengan “Konferensi Internasional Anti korupsi (International Anti Corrution Conference) yang pertama kali dilaksanakan di Amerika Serikat pada tanggal 5-14 Oktober 1983â€. Secara reguler Konferensi Internasional Anti korupsi (International Anti Corrution Conference) terus dilaksanakan setiap 2 tahun sekali di Negara-negara yang berbeda. Indonesia secara normatif telah mengatur dalam berbagai peraturan perundang-undangan upaya-upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, bahkan secara khusus telah terbentuk lembaga yang menangani persolan korupsi yakni Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selaras dengan itu, Islam sebagai agama yang menjunjung kejujuran juga mencela perbuatan korupsi walaupun secara jelas tidak di sebutkan istilah korupsi tersebut namun beberapa Surat dalam Al-Quran dan Hadist menyebutkan perbuatan yang terdapat unsur-unsur korupsi. Setidaknya ada 4 istilah yang dikenal dalam Islam untuk menyebut korupsi, Yaitu risywah (suap), saraqah (pencurian) al gasysy (penipuan) dan khianat (penghianatan).

References

Alya, Qonita. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta,PT. Indahjaya Adipratama 2008.
Andreae, Fockema. Kamus Hukum. Bandung, Bina Cipta, 1983
Hamzah, Andi. Pemberantasan korupsi. Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2006.
Rafi’, Abdur, Abu Fida’. Terapi Penyakit Korupsi Dengan Tazkiyatun Nafs (Penyucian Jiwa). Jakarta, Naragita Dinamika, 2006.
Tabloid Dewi Anjani. Korupsi Menggurita vis a vis Penguasa Tunakuasa, Edisi 02-08 Maret 2012
Ubaidilah, Moralitas tak jelas. Opini Radar Lombok, 6 Februari 2012.
Yayasan Penyelenggara Penerjemah al-Quran, al-Quran dan terjemahannya, Bandung, Sinar Baru Alginsinda, 2007.
Published
2017-05-24
How to Cite
Samsuri, H. (2017). TINDAK PIDANA KORUPSI (KAJIAN NORMATIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM). Maqosid: Jurnal Studi Keislaman Dan Hukum Ekonomi Syariah, 8(2), 30-38. Retrieved from http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/maqosid/article/view/5
Section
Articles