Tipologi Filsafat Pendidikan Islam dan Implementasinya Dalam Pengembangan Kurikulum

  • Suyapto Suyapto Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah Tulungagung
Keywords: Filsafat, Pendidikan Islam dan Pengembangan Kurikulum

Abstract

Filsafat lahir untuk menjawab berbagai persoalan yang muncul, persoalan manusia, tuhan dan alam dengan segala yang ada. Namun kenyataannya ada anggapan bahwa filsafat gagal dalam menjawab berbagai pesoalan kemanusiaan sehingga menjadikan filsafat tidak lagi menjadi penentu dalam penyelesaian berbagai persoalan, tapi masih memberikan kontribusi besar bagi lahir dan berkembangnya ilmu pengetahuan sebagai jawaban terhadap persoalan yang terjadi.

 

Kajian dalam tulisan tipologi dan filsafat pendidikan islam dan implementasinya dalam pengembangan kurikulim, ini akan menganalisa bagaimana filsafat melahirkan ilmu pengetahuan yang pada akhirnya memunculkan cabang filsafat pendidikan islam yang di aplikasikan sebagai salah satu tipologi solusi dalam ranah pendidikan islam yang ternyata tidak terlepas dari berbagai persoalan

References

A.Syafi’I Ma’arif, Peta Bumi Intelektual Islam di Indonesia, (Bandung: Mizan, 1993)

Busthami M. Said, Pembaharu dan Pembaharuan Dalam Islam, pent. Mahsun al-Mundzir, (Ponorogo: PSIA, 1992)

Fachri Ali dan Bahtiar Effendi, Merambah Jalan Baru Islam, (Bandung: Mizan, 1986)

H.B. Hamdani Ali, Filsafat Pendidikan, (Yogyakarta: Kota Kembang, 1990)

Jujun S. Suriasumantri, Ilmu Dalam Perspektif, (Jakarta: PT Gramedia, 1982)

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruann Tinggi, (Jakarta: Rajawali Pers, 2005)

Mulyadhi Kartanegara, Menembus Batas Waktu, Panorama Filsafat Islam, Sebuah Refleksi Autobiografis, ( Bandung: Mizan, 2005)

Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995)
Published
2019-09-16
How to Cite
Suyapto, S. (2019). Tipologi Filsafat Pendidikan Islam dan Implementasinya Dalam Pengembangan Kurikulum. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 17(2), 74-87. Retrieved from http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/article/view/226