Tradisi Sandak di Masyarakat Sasak dalam Pespektif hukum Islam

Authors

  • Matla'ul Irfan IAI HAMZANWADI NW PANCOR

Keywords:

Tradisi Sandak, Masyarakat, Hukum Islam

Abstract

Praktek sandak dalam tradisi mu’amalah masyakat Islam Sasak menjadi tradisi yang mengakar kuat hingga sekarang.Sandak menjadi kebiasaan para petani sebagai solusi atas kesulitan finansial masyarakat di Lombok. Praktek ini hingga sekarang masih banyak dijumpai ditengah masyarakat petani di plau Lomok, namun tidak jelas sejak kapan tradisi ini dimulai, begitu pula apakah tradisi ini muncul sejak sebelum Islam datang sebagai tradis tua dalam kehidupan masyarakat Lombok ini  lalu berkamuplase seolah menjadi sebuah aplikasi dari sebuah pemahaan keagamaan sehinggasandak terkesan sebagai produk dari mu’amalah dalam Islam itu sendiri. Menemukan sebuah praktik mu’amalah dalam tradisi sandak ini tentu membutuhkan  kajian mendalam untuk mendapatkan sebuah kesimpulan fiqhiyah. Tiadanya contoh historis mu’amalah dan dalil penunjang lainnya dalam tradisi perbendaharaan Islam menjadikan kajian terhadap sandak ini semakin menarik untuk dilakukan, lebih-lebih terjadinya perubahan akad di tengah proses sandak akan semakin runyam untuk mendapatkan legalitas tradisi ini dalam lteratur Islam.

References

Al Juhaili, Wahbah, Al Fikh al Islamiy Wa adilltuh, Damaskus Dar Al Fikr Al Muhasim, 20055.

Bartholemew, Jhon Riyan,Akif Lam Mim, Kearifan Masyarakat Lokal Sasak, Terj. Imam Rasyidi, Yogyakart, Tiara Wacana,2001.

Budiwanti, Erni, Islam Sasak, Yogyakarta, LKIS, 200.

Ghazali, H. Abdul Rahman MA, dkk, Fiqih Mu’amalah, Jakarta, Prenadamedia, 2010

Haroen, Nasrun, Fiqh Mu’amalah, Jakarta, Gaya Media Pratama, 2000.

Windia, Lalu Bayu, Manusia Sasak, Bagaimana Menggaulinya, Yogyakarta, Sentra Press, 2001.

Syamsu AS, Muhammad,Ulama Pembawa Islam di Indonesia dan Sekitarnya, Jakarta, Lentera Basritama, 1999.

Zuhdi, Zuhdi, Praktik Merariq, Wajah Sosial Orang Sasak, Mataram, Lembaga Pengkajian Publikasi Islam dan Masyarakat LEPPIM, 2012.

Sabiq, Sayid,Fiqussunnah, Beirut, Dar Al Kitab Al Arabi, 1991.

Syafe’I, Rahmat,Fiqh Mu’amalah, Bandung, Pustaka Setia, 2001.

Downloads

Published

2020-09-21

How to Cite

Irfan, M. (2020). Tradisi Sandak di Masyarakat Sasak dalam Pespektif hukum Islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 18(1). Retrieved from http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/article/view/347