80-95 Meningkatkan Literasi Anak Didik Untuk Mempercepat Membaca dan Menulis Huruf Latin Melalui Penerapan Metode Iqro’

Authors

  • Ahmad Hulaimi IAI HAMZANWADI NW PANCOR
  • H. Hudatullah IAI HAMZANWADI NW PANCOR

Keywords:

Literasi, Metode Iqro’, Pembelajaran

Abstract

Literasi merupakan fondasi dari segela pembelajaran  yakni membaca dan menulis. Berbicara literasi sangat komplkes, tapi dalam tulisan ini hanya dikaji pada aspek membaca dan menulis yaitu melihat kemampuan membaca dan menulis anak didik di sekolah-sekolah dasar di samping itu juga melihat psico education dalam pembelajaran.Literasi tidak hanya berbicara tentang kemampuan membaca dan menulis tapi bagaimana seorang pendidik mampu meningkatkan gairah dan minat membaca anak didik Oleh sebab itu tulisan ini dikemukakan pengalaman seorang guru baik yang telah menerapkan literasi di sekolah tempatnya bertugas.

Dalam meningkatkan minat literasi anak dibutuhkan suatu pendekatan-pendekatan dan dalam hal ini metode Iqro’ adalah salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan literasi anak dalam membaca dan menulis.Metode ini merupakan suatu pendekatan dalam meningkatkan literasi al-Qur’an yakni suatu metode dalam belajar membaca dan menulis al-Qur’an. Tapi dalam perkembangannya metode ini ditranslit penerapannya dalam literasi huruf-huruf latin dan ternyata efektif dalam meningkatkan minat anak didik dalam membaca.Ketika membaca kalimat metode Iqro’ maka akan terbayang dipikiran kita bahwa itu sebuah metode dalam mempelajari cara membaca huruf hijaiyah agar anak mampu membaca al-Qur’an dengan baik. Hal ini didasarkan karena selama ini metode Iqro’ memamg sudah familiar di tengah-tengah masyarakat dalam mempelajari baca tulis huruf hijaiyah disebabkan karena metode ini salah satu cara cepat membaca al-Qur’an. Hal ini dibuktikan anak-anak yang belajar di Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) mulai dipedasaan sampai perkotaan rata-rata semua memakai metode ini.

References

Ahmad Hulaimi & Khairuddin, Integrasi Penggunaan Metode Simulasi dan Demonstrasi Dalam Pembelajaran PAI (Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar di Sekolah/Madrasah), Ta’dib : Volume 18 No 1 ( Jan- Juni 2020 )

Dyah Worowiraswati Ekowati dan Beti Istanti Suwandayani, Literasi dan Numerasi untuk Sekolah Dasar, (Malang : UMM Press), 2019

Inovasi, Paket Unit Pembelajaran Literasi Kelas Awal Konsep Dasar Keterampilan Membaca, 2019

Kamsinah, “Metode dalam Proses Pembelajaran”, dalam www.uin-alaauddin.ac.id, diakses 13 Juni 2015

Mursell, James L.,1975, Pengajaran Berhasil, Universitas Indonesia, Jakarta

Ni Nyoman Padmadewi dan Luh Putu Artini, Literasi di Sekolah dari Tero ke Praktek, (Bandung : Nilacakra, 2018)

Pupuh Fathurrahman & Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Islami. (Bandung: Rafika Aditama, 2007)

Siti Makhmudah Parti, Pembelajaran Calistung Menggunakan Metode Iqro’ Pada Anak Untuk Membangun Generasi Rabbani Di Era Globalisasi, Jurnal Pendidikan dan STudi Keislaman Vol. 9 Nomor 1, April 2019.

Zuhairini, dkk.,Metodrk Khusus Pendidikan Agama, Usaha Nasional, Surabaya, 1983

Downloads

Published

2021-03-14

How to Cite

Hulaimi, A., & Hudatullah, H. (2021). 80-95 Meningkatkan Literasi Anak Didik Untuk Mempercepat Membaca dan Menulis Huruf Latin Melalui Penerapan Metode Iqro’ . Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 19(1). Retrieved from http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/article/view/424