http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/issue/feed Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 2021-03-14T09:05:30+00:00 Ta'dib jurnaltadib64@gmail.com Open Journal Systems <p>Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial ( P-ISSN: 2088-6462 ) ( E-ISSN: 2686-0228 ) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali setahun. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah IAIH NW Pancor sejak 2010. Dimaksudkan sebagai ruang pemikiran kritis dan terbuka bagi semua kalangan (agamawan, pendidik, aktivis, dan mahasiswa) dengan studi tentang pemikiran dan implementasi pendidikan sebagai lingkup kajian. semua tulisan yang di tampilkan dalam jurnal ini di review dengan skema double-blind review process</p> http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/article/view/421 1-24 Urgensi Paradigma Epistemologi Pesantren Dalam Studi Agama di Era Post-Truth 2021-03-13T10:28:58+00:00 Muhamad War’i akmaly.warok@gmail.com <p><em>Tulisan ini akan mengkaji tentang paradigma pengkajian Islam di pesantren dan relevansinya terhadap studi agama di era post-truth. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan kepustakaan, serta melakukan analisis yang bersifat deskriptif interpretatif, tulisan berkesimpulan bahwa, Pertama, pesantren merupakan lembaga pendidikan yang memiliki model pengkajian keagamaan yang unik yakni dengan adanya multi perspektif dalam kajiannya, yakni menggabungkan antara tiga epistemologi pengetahuan dalam Islam: bayani, burhani dan irfani. Kedua, pesantren melalui pendekatan multi-epistemologis tersebut melahirkan suatu konsep Islam Moderat yang menekankan pada aspek spiritual, intelektual dan soial. Ketiga, dengan adanya peran tiga epsitemologi tersebut secara bersamaan, akan mendorong terhadap pengkajian Islam secara khusus maupun agama dunia secara umum lebih bersifat inklusif. Kenyataan ini akan menegaskan urgensi paradigma epistemologi pesantren dalam dinamika kajian studi agama terutama di era post-truth.</em></p> 2021-03-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Muhamad War’i http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/article/view/426 116-127 Analisis Bisnis MLM Ditinjau dari Sisi Mudharatnya 2021-03-13T17:11:47+00:00 Muhamad Marzuki uqien27@gmail.com <p><em>Multi level marketing (MLM) adalah jenis bisnis&nbsp; modern dan pernah menjamur mewarnai bisnis di Indonesia. MLM adalah strategi pemasaran berjenjang atau berantai, di mana tenaga penjual (sales) tidak hanya mendapatkan kompensasi atas penjualan yang mereka hasilkan, tetapi juga atas hasil penjualan sales lain yang mereka rekrut. Dalam sistem penjualan piramida atau pemasaran jaringan ini, ada istilah anggota “up line” dan “downline", yaitu orang-orang yang melakukan penjualan produk setelah sebelumnya berdasarkan urutan rekrutan atau pendaftaran. Dalam sistem ini Up-line diharuskan untuk mencari down-line sebanyak-banyaknya agar mendapatkan bonus atau penghasilan yang berlipat-lipat. Dalam fakta di lapangan, sekarang ini memang sudah banyak bisnis MLM yang bermunculan yang sebagian masyarakat menganggap MLM sebagai bisnis yang merugikan banyak orang dan menguntungkan segelintir orang. Dengan berbagai kasus dan pandangan terhadap bisnis MLM ini. Tulisan ini ingin melihat dari sisi kerugian (mudharat)&nbsp; yang ada di bisnis MLM</em></p> 2021-03-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Muhamad Marzuki http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/article/view/424 80-95 Meningkatkan Literasi Anak Didik Untuk Mempercepat Membaca dan Menulis Huruf Latin Melalui Penerapan Metode Iqro’ 2021-03-13T16:44:06+00:00 Ahmad Hulaimi hulaimi.halim@gmail.com H. Hudatullah hudatullah@gmail.com <p><em>Literasi merupakan fondasi dari segela pembelajaran&nbsp; yakni membaca dan menulis. Berbicara literasi sangat komplkes, tapi dalam tulisan ini hanya dikaji pada aspek membaca dan menulis yaitu melihat kemampuan membaca dan menulis anak didik di sekolah-sekolah dasar di samping itu juga melihat psico education dalam pembelajaran.Literasi tidak hanya berbicara tentang kemampuan membaca dan menulis tapi bagaimana seorang pendidik mampu meningkatkan gairah dan minat membaca anak didik Oleh sebab itu tulisan ini dikemukakan pengalaman seorang guru baik yang telah menerapkan literasi di sekolah tempatnya bertugas.</em></p> <p><em>Dalam meningkatkan minat literasi anak dibutuhkan suatu pendekatan-pendekatan dan dalam hal ini metode Iqro’ adalah salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan literasi anak dalam membaca dan menulis.Metode ini merupakan suatu pendekatan dalam meningkatkan literasi al-Qur’an yakni suatu metode dalam belajar membaca dan menulis al-Qur’an. Tapi dalam perkembangannya metode ini ditranslit penerapannya dalam literasi huruf-huruf latin dan ternyata efektif dalam meningkatkan minat anak didik dalam membaca.Ketika membaca kalimat metode Iqro’ maka akan terbayang dipikiran kita bahwa itu sebuah metode dalam mempelajari cara membaca huruf hijaiyah agar anak mampu membaca al-Qur’an dengan baik. Hal ini didasarkan karena selama ini metode Iqro’ memamg sudah familiar di tengah-tengah masyarakat dalam mempelajari baca tulis huruf hijaiyah disebabkan karena metode ini salah satu cara cepat membaca al-Qur’an. Hal ini dibuktikan anak-anak yang belajar di Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) mulai dipedasaan sampai perkotaan rata-rata semua memakai metode ini.</em></p> 2021-03-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Ahmad Hulaimi, H. Hudatullah http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/article/view/422 25-59 Pengembangan Mutu Sekolah Berbasis Kemitraan: 2021-03-13T16:28:48+00:00 Sayuti Hamdani sayutihamdani@upnvj.ac.id <p><em>Kesimpulan dalam tulisan ini menunjukkan bahwa </em><em>komite sekolah</em><em>&nbsp;memiliki tanggung jawab</em><em>kerjasama </em><em>bersama para </em><em>stake holderPendidikan</em><em> sebagaimana</em><em> diatur dalam konstitusi yang terwujud melalui ketetapan Undang – Undang No 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 56 ayat 1 : </em><em>bahwa </em><em>masyarakat berperan dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan yang meliputi perencanaan, pengawasan, dan evaluasi</em><em>&nbsp;program pendidikan melalui dewan pendidikan dan komite</em><em>.</em></p> <p><em>Masyarakat melalui komite memiliki peran yangdiwujudkan melalui kerjasama orang tua siswa melalui komite sekolah (Jami’yyah). Partisipasi komite sekolah</em><em>di SMP Islam Al- Azhar 2 Pejaten</em><em> yang paling tinggi adalah dukungan dana, support pemikiran, dan tenaga sedangkan peran komite sekolah&nbsp; dalam aspek pengawasan kegiatan dan program sekolah masih lemah.</em></p> <p><em>Komite sekolah harus lebih memaksimalkan fungsi dan peranya sebagai&nbsp; Badan Pertimbangan (Advisory Agency),Komite Sebagai Badan Pertimbangan Dalam Pengembangan Kurikulum dan Sumber Daya Pendidikan</em><em>,Sebagai Badan Pendukung (Supporting Agency) Sekolah,Komite sebagai Sebagai badan&nbsp; pengontrol (controlling agency),Badan Penghubung (Mediator Agency) Dengan Orang Tua Dan Masyarakat sehingga komite bisa maksimal membantu sekolah dalam meningkatkan mutu</em><em>&nbsp;sekolah di SMP Islam Al- Azhar 2 Pejaten</em></p> 2021-03-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Sayuti Hamdani http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/article/view/425 96-115 Profesi Dan Kemandirian Eknomi Wanita Dalam Pandangan Islam 2021-03-13T16:50:12+00:00 Azhari Fathurrohman azharifat76@gmail.com <p><em>Manusia adalah makhluk istimewa yang diberikan oleh Allah SWT. keistimewaan dalam segala hal baik iu jasmani dan rohani, nafsu dan akal. Manusia aalah makhluk yang social yang selalu saling membutuhkan antara yang satu dengan yang lain laki-laki dan perempuan. Dengan keistimewaan yang dia miliki pulalah dia dibeikan tanggung jawab yang besar untuk mengelola dunia ini dengan menjadikanya khalifah.</em></p> <p><em>Tugas dan tanggung jawab yang dierikan oleh Allah SWT. kepada manusia memubuat dia tidak boleh berhenti bergerak, untuk membuat gerakannya itu lebih teratur maka dia harus bekerja sesuai dengan bidang dan keahliannya masing-masing tanpa membedakan jenis kelamin. Walaupun begitu Islam telah memberikan penekanan pekerjaan yang disesuaikan dengan firahnya sehingga identias dan keistimewaannya tetap terjaga.</em></p> <p><em>Wanita tidak dilarang untuk bekerja, tidak pula diharamkan untuk kaya, mandiri dalam bidang ekonomi adalah hal bagus. Yang menjati letak tidak bagusnya adalah ketika pekerjaan yang menjadi tugas pokonya itu terabaiakan. Dan pekerjaan yang dilarang oleh syari’at adalah pekerjaan yang dapat menyakiti, menodai kehormatan wanita, dan juga pekerjaan yang dapat membawa dampak negative lainya.</em></p> 2021-03-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Azhari Fathurrohman http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/article/view/423 60-79 Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia 7-13 Tahun 2021-03-13T16:37:08+00:00 Sumarlin Hadinata hadinatasumarlin222@gmail.com <p><em>Untuk Meraih suatu keberhasilan dalam menjalankan suatu program, terutama dalam proses Mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik tidak terlepas dari pemilihan metode. Metode adalah seperangkat cara, jalan dan teknik yang digunakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran agar peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran atau menguasai kompetensi tertentu yang dirumuskan dalam silabus mata pelajaran, yang tujuannya untuk meningkatkan kemampuan belajar anak. Akan tetapi metode yang digunakan tidak selalu cocok untuk peserta didik karena kadang-kadang metode yang digunakan tidak sesuai dengan keadaan peserta didik. Oleh karena itu metode Ummi sangatlah berpengaruh dalam sistem belajar mengajar terutama dalam pelajaran Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah, 1. Menganalisis kemampuan yang di miliki anak usia 7-13 tahun yang belajar Al-Qur’an dengan Metode Ummi TPQ Darul Ulum Desa Teniga. 2. Menganalisis langkah-langkah penerapan Metode Ummi pada pembelajaran Al-Qur’an anak usia 7-13 di TPQ Darul Ulum Desa Teniga. 3. Menganalisis Problematika guru dalam menerapkan Metode Ummi pada pembelajaran membaca Al-Qur’an anak usia 7-13 tahun di TPQ Darul Ulum Desa Teniga. 4. Solusi guru dalam mengatasi problematika ketika menerapkan Metode Ummipada pembelajaran membaca Al-Qur’an anak usia 7-13 tahun di TPQ Darul Ulum Desa Teniga. Metode penelitain yang digunakan adalah metode kualitatif naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah. Secara garis besar, data dalam penelitian ini dikumpulkan dan diklarifikasikan ke dalam data kualitatif yaitu obeservasi, interview, angket serta dokumentasi. Di antara spesifikasi Metode Ummi adalah penggunaan model pembelajaran yang memungkinkan anak-anak usia 7-13 tahun akan mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Metode tersebut dibagi menjadi 4 (empat), yaitu: privat/individual, klasikal individual, klasikal baca simak, dan klasikal baca simak murni. Hasil penelitian di lapangan, peneliti melihat cukup efektif metode ini diajarkan oleh guru Ummi di Desa Teniga. Dalam model pembelajaran Al-Qur’an , selain menarik dalam metode pembelajarannya, murid pun bisa terbantu dengan adanya alat peraga dan buku Kitabaty untuk menyimak bacaan yang diajarkan oleh guru Ummi Berdasarkan hasil wawancara kepada sebagian santri yang ada di TPQ di Desa Teniga, mayoritas santri bisa memahami materi tajwid dalam Metode Ummi. Metode Ummi di beberapa TPQ di Desa Teniga berjalan dengan efektif dan bisa diterapkan oleh siswa dalam proses pembelajaran Al-Qur’an.</em></p> 2021-03-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Sumarlin Hadinata