Pedoman Penulisan

Pedoman Penulisan

Artikel yang dikirim ke Tim redaksi jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam, Isu-ISu Sosial mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

Pertama, Artikel adalah hasil penelitian Pendidikanislam dan  Isu-ISu Sosial sebagai lingkup kajian, Pendidikan Islam, Tasawuf dan Mistisisme Islam, Filsafat Islam, Naskah-Naskah Islam dan Teologi Islam,

Kedua, Artikel merupakan karya autentik dan belum pernah diterbitkan ditempat lain dalam bentuk jurnal lain atau buku bunga rampai.

Ketiga, Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris baku dengan spasi 1,15 cm pada kertas A4 dan di upload melalui alur register terlebih dahulu kemudian login sebagai penulis, selanjutnya artikel di upload pada bagain Pengajuan Baru (subnission). Panjang tulisan minimal 15 dan maksimal 20 halaman. Artikel paling lambat diserahkan satu bulan sebelum jurnal diterbitkan.

Keempat, Menyertakan abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris maksimal 250 kata; setiap abstrak harus dilengkapi dengan kata kunci (keyword).

Kelima, Nama penulis ditulis tanpa gelar akademik, jabatan, atau kepangkatan dan mencantumkan alamat korespondensi, alamat email, dan atau nomor telpon kantor atau telpon seluler (WA).

Keenam, Penulisan rujukan dalam artikel menggunakan model footnote dengan memperhatikan secara seksama referensi yang dirujuk, seperti Jjurnal, buku, buku terjemahan, buku bunga rampai, artikel dalam bunga rampai, buku berjilid/bervolume, artikel dalam ensiklopedia, artikel dalam website (internet), artikel dalam media massa (majalah atau surat kabar), skripsi, tesis, disertasi, maupun kitab suci.

Ketujuh, Penulisan Artikel dalam Jurnal ini menggunakan pedoman transliterasi Arab-Indonesia yaitu;

Konsonan

No

Huruf Arab

Huruf Latin

Huruf Arab

Huruf Latin

1

ا

 

ط

T

2

ب

B

ظ

Z

3

ت

T

ع

٬

4

ث

Ts

غ

Gh

5

ج

J

ف

F

6

ح

H

ق

Q

7

خ

Kh

ك

K

8

د

D

ل

L

9

ذ

Dz

م

M

10

ر

R

ن

N

11

ز

Z

و

W

12

س

S

ه

H

13

ش

Sy

ء

٬

14

ص

S

ي

Y

15

ض

D

   

 

Vokal

Vokal Tunggal (Monoftong)

َ = a

ِ = I

ُ = u

Vokal Rangkap (Diftong)

ي َ = ai

و َ = au

Vokal Panjang (Mad)

ا َ = a

ي ِ = i

و ۥ = u

Kata Sandang

Kata sandang, yang dalam sistem aksara Arab dilambangkan dengan huruf, yaitu لا dialihaksarakan menjadi huruf /I/, baik diikuti huruf syamsiyyah maupun huruf qamariyyah. Contoh: al-rijal bukan rijal, al-diwan bukan ad-diwan.

Ta’Marbutah

Berkaitan dengan alih aksara ini, jika huruf ta’ marbutah terdapat pada kata yang berdiri sendiri, maka huruf tersebut dialihaksarakan menjadi huruf /h/. Hal yang sama juga berlaku jika ta marbutah tersebut diikuti oleh kata sifat (na’t). Namun, jika ta marbutah tersebut diikuti kata benda (ism), maka huruf tersebut dialihaksarakan menjadi huruf /t/.