Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Media Gambar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar

  • Baiq Halimatuz Zuhrotul Aini IAI Hamzanwadi NW Pancor
Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Media Gambar, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Media Gambar Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV  SD Negeri Gugus 1 Kecamatan  Suralaga. Rancangan penelitian menggunakan Post-Test Only Control Group Design  Populasi dalam penelitian siwa kelas IV Gugus Satu  Kecamatan Suralaga. Untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa, digunakan tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda, dan motivasi belajar menggunakan kuesioner. Teknik analisis data  mengunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukan : (1) Terdapat perbedaan motivasi belajar antara kelompok siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Media Gambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F= 0,893, p <0,05). (2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Media Gambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F= 0,749, p <0,05). (3) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar dan motivasi belajar antara kelompok  siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Media Gambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F= 0,325, p <0,05).

References

Dantes, Nyoman. 2012. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Mulyasa,E.2010. Menjadi Guru Propesional. Bandung: PT Remaja rosdakarya.
Muslich,Masnur .2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto.2008. Mendesain Pembelajaran Kotexstual. Jakarta: Cerdar Pustaka Publisher
Uno,Hamzah. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wardana, I Ketut. 2012. “Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Gugus V Dr. Soetomo”. Tesis.Singaraja: Undiksha.
Published
2019-09-19
How to Cite
Aini, B. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Media Gambar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 4(2), 44-53. Retrieved from http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/235