Program Pembinaan Akhlak Dalam Kegiatan Rohani Islam di SMK Negeri 1 Gunung Putri Bogor

Program Pembinaan Akhlak

Authors

  • MAWARDI MPAI PASCASARJANA UIKA IBN KHALDUN BOGOR
  • Akhmad Alim Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Anung Al Hamat Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v6i1.352

Abstract

Dekadensi akhlak yang terjadi di berbagai bidang kehidupan masyarakat semakin mengkhawatirkan, termasuk di dalamnya adalah dekadensi akhlak di dalam lembaga pendidikan yang dimiliki oleh para  peserta didik (murid) yang tidak mencerminkan akhlak islami. Pendidikan yang selama ini diharapkan mampu memberikan nilai positif pada pembentukan akhlak peserta didik dari hasil pembelajaran di dalam kelas yang disampaikan oleh seorang pendidik ternyata belum mampu memberikan perubahan yang berarti kearah pembentukan akhlakul karimah yang diharapkan oleh guru, orangtua maupun lingkungan sekitar (masyarakat). Oleh karena itu, perlu adanya program pembinaan akhlak yang dilakukan oleh lembaga pendidikan pemerintah maupun lembaga pendidikan swasta (formal atau non formal) secara berkesinambungan, agar output yang diharapkan dari hasil pendidikan bisa terealisasi dengan baik.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program pembinaan akhlak dalam kegiatan rohani Islam (Rohis) di SMK Negeri 1 Gunung Putri Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif jenisnya penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Hasil temuan yakni program pembinaan akhlak di SMK Negeri 1 Bogor terdiri dari program kegiatan yaumiyah (harian), program kegiatan usbuiyah (mingguan), program kegiatan syahriyah (bulanan), dan program kegiatan sanaiyah (tahunan).

 

Downloads

Published

2021-01-25

How to Cite

MAWARDI, Akhmad Alim, and Anung Al Hamat. “Program Pembinaan Akhlak Dalam Kegiatan Rohani Islam Di SMK Negeri 1 Gunung Putri Bogor: Program Pembinaan Akhlak”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 6, no. 1 (January 25, 2021): 19-34. Accessed April 12, 2021. http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/352.