Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><strong>Jurnal Penelitian Tarbawi</strong>: <strong>Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial</strong> (P-ISSN: 2640-6375) (E-ISSN: 2685-256X) merupakan </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal bidang Penelitian Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial dengan </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">fokus kajian pada bidang Penelitian Lapangan, Pemikiran Tokoh (library Research) dalam pendidikan Islam, isu-isu sosial. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal ini diperuntukkan untuk para peneliti, pengamat, akademisi dan masyarakat luas dalam scope yang ditentukan. Jurnal Penelitian Tarbawi dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial terbit dua kali setahun yaitu priode Januari-Juni dan Juli-Desember.</span></span></span></span></p> en-US tarbawi205@gmail.com (Muh Zakaria) muhmammadzakaria00@gmail.com (Muh Zakaria) Wed, 07 Jul 2021 02:18:07 +0000 OJS 3.2.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Internalisasi Nilai Keagamaan Pada Kitab Risalah Al-Mahid Terhadap Pemahaman Fiqih Wanita Santri Putri Pondok Pesantren Fathul Ulum Jombang http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/417 <p>Penelitian ini membahas tentang pengaruh internalisasi nilai keagamaan pada kitab risalah al-mahid terhadap pemahaman fiqih wanita. Jenis penelitian ini mengunakan kuantitatif dengan pendekatan <em>ex post facto. </em>Subjek pada penelitian ini berjumlah 60 santri. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Hipotesis penelitiannya dianalisis dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh bahwasannya terdapat pengaruh internalisasi nilai keagamaan pada pembelajaran kitab risalah al-mahid terhadap pemahaman fiqih wanita santri putri Pondok Pesantren Fathul ‘Ulum Jombang.</p> mustafida mustafida, Rofiatul Hosna Copyright (c) 2021 mustafida mustafida, Rofiatul Hosna http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/417 Wed, 07 Jul 2021 00:00:00 +0000 Implementasi Agama Islam Dalam Membangun Nilai-Nilai Religius Peserta Didik Pada Sekolah Dasar Tahfizulqur’an (SDTQ) Darulwafa Pejarakan Karya Ampenan http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/474 <p>Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius di lingkungan sekolah Dasar Tahfizulqur’an(SDTQ) Darul Waf. Dalam tulisan ini peneliti menggunakan Jenis&nbsp;&nbsp; penelitian&nbsp; deskriptif kualitatif&nbsp;&nbsp; dengan&nbsp; menggunakan pendekatan fenomenologik, yaitu penelitian dengan mengamati fenomena yang terjadi di lapangan secara alamiah. &nbsp;Teknik&nbsp; &nbsp;pengumpulan&nbsp; &nbsp;datanya&nbsp; &nbsp;meliputi observasi, wawancara, dialog, cerita dan dokumentasi.&nbsp; Selain itu, data disajikan dengan&nbsp; &nbsp;menggunakan&nbsp; &nbsp;pendekatan&nbsp; &nbsp;deskriptif,&nbsp; &nbsp;dalam&nbsp;&nbsp; bentuk&nbsp; &nbsp;kata-kata,&nbsp; &nbsp;tulisan,&nbsp; &nbsp;untuk memperjelas data yang dikumpulkan dan dianalisis. Nilai religius adalah nilai yang bersumber dari agama yang&nbsp; mempunyai keterkaitan yang sangat erat dengan ketenangan jiwa seseorang. Guru pendidikan Islam dan pembina rohani Islam (Rohis) berperan penting &nbsp;dalam pembentukan peserta didik menjadi peserta didik yang agamais dan religius. Sebuah lembaga pendidikan hendaknya menanamkan nilai-nilai religius kepada peserta didik sebagai pondasi dalam mengenal banyaknya disiplin ilmu lainnya. Dengan begitu para guru berupaya menciptakan budaya religius guna membentuk kepribadian peserta didik menjadi manusia yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia. Simpulan menggambarkan usaha yang telah dilakukan para dewan guru &nbsp;dalam &nbsp;membangun &nbsp;nilai-nilai &nbsp;religius &nbsp;di &nbsp;Lingkungan &nbsp;Sekolah Dasar Tahfizulqur’an (SDTQ) Daru Wafa, dilakukan dengan baik dan efektif dengan diterapkannya dalam kegiatan keseharian seperti pembiasaan membaca Al-Qur’an dan hadist,&nbsp; menerapkan akhlak al-karimah, baik dalam berucap, bersikap, dan sangat menghormati kdua orang tua, guru maupun sesama teman disitulah tempat penempaaan peserta didik melalui tauladan yang diperlihatkan para dewan guru kepada para peserta didik.</p> sahwan sahwan Copyright (c) 2021 sahwan sahwan http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/474 Wed, 07 Jul 2021 00:00:00 +0000 Menilik Bentuk Komunikasi Antara Anak Dan Orang Tua http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/449 <p>This type of research is a qualitative study of communication ethnography studies. Sources of data are informants and several documents related to the research topic. The data in this study are in the form of communication speech between parents and children in Kabar Village, Sakra District. The method of obtaining data uses the method of observation and unstructured interviews. Data analysis used three stages, namely data reduction, data analysis and drawing conclusions. At the results stage, three communication patterns were found: 1) Authoritarian Communication Patterns (Authotirrian), 2). Permissive Communication Patterns, and 3). Democratic Communication Pattern (Authoritative). Authors and permissive communication patterns are still dominant, while democratic communication patterns are still small. This cannot be separated from the insight, economy and parental education factors.</p> <p>&nbsp;</p> Muttaqin Zainul, Azmussya’ni Copyright (c) 2021 Muttaqin Zainul http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/449 Wed, 07 Jul 2021 00:00:00 +0000 Fenomena Keberagamaan Tariqat Naqsabandiyah Di Desa Belanting Kecamatan Sambelia http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/471 <p>Berdasarkan permasalahan yang diangkat mengenai Bagaimanakah bentuk ajaran <em>tarekat </em>naqsabandiyah dan Bagaimanakah fenomena yang terjadi di dalam keberagamaan kelompok <em>tarekat</em> Naqsabandiyah Desa Belanting Kecamatan Sambelia? dari permasalahan tersebut maka tujuan dalam penelitian ini Uuntuk Mengetahui bentuk ajaran<em> tarekat</em> naqsabandiyah dan Uuntuk Mengetahui fenomena yang terjadi di dalam keberagamaan kelompok <em>tarekat </em>Naqsabandiyah Desa Belanting Kecamatan Sambelia. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dimaksudkan sebagai penelitian yang mengkhususkan pada fenomena dan realitas yang tampak untuk mengkaji penjelasan di dalamnya dan menggali data untuk menemukan makna dari hal-hal mendasar dan esensial dari fenomena, realitas, atau pengalaman yang dialami oleh objek penelitian. Adapun temuan dan sekaligus simpulan bahwa bentuk ajaran tariqar nasqsyabandiah mengalami pro kontra dimaksayarakat sebab dinilai tidak menjalankan syariat islam secara utuh.</p> Sandi Ilham Hadi, Muh Zakaria Copyright (c) 2021 Sandi Ilham Hadi, Muh Zakaria http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/471 Wed, 07 Jul 2021 00:00:00 +0000 Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih Pokok Bahasan Thaharah Dengan Metode Pembelajaran EPA (Eksplorasi, Pengenalan, Dan Aplikasi Konsep) Siswa MTs Al-Mukhtary http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/472 <p>Prestasi merupakan salah satu tujuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di lembaga pendididkan. Tingginya prestasi menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran di lembaga pendidikan berjalan dengan baik, yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan mutu pendidikan. Namun pada kenyataannya banyak lembaga pendidikan yang gagal dalam mewujudkan prestasi belajar karena pada praktik proses pembelajaran masih mengandalkan metode mengajar konvensional.</p> <p>Salah satu metode alternatif dalam mewujudkan prestasi belajar peserta didik pada lembaga pendidikan adalah metode EPA (Eksplorasi Pengenalan, dan Aplikasi Konsep) merupakan metode yang memperhatikan kemampuan awal siswa untuk memperoleh kemampuan baru dalam pelaksanaannya melewati tiga tahap yaitu tahap eksplorasi, tahap pengenalan, dan aplikasi konsep.</p> <p>&nbsp;</p> Masjuddin Copyright (c) 2021 Masjuddin Masjuddin http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/472 Wed, 07 Jul 2021 00:00:00 +0000 Model Pembelajaran Problem Based Introduction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/473 <p><em>Problem based instruction&nbsp;(PBI) atau&nbsp;pembelajaran&nbsp;berdasarkan masalah (PBM) adalah suatu&nbsp;model pembelajaran&nbsp;yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengembangkan pengetahuan baru bagi siswa melalui proses kerja kelompok yang membutuhkan penyelesaian nyata sehingga membuat siswa fokus dalam belajarnya. </em><em>Dalam upaya perbaikan kegiatan belajar mengajar untuk lebih meningkatkan hasil belajar PAI, maka melalui model Problem Based Introduction (PBI) untuk meningkatkan hasil belajar perlu dilaksanakan secara terencana, teratur, terarah, berkesinambungan dan sesuai dengan tujuan pengajaran PAI. Salah satu keuntungan dari penggunaan model Problem Based Introduction adalah siswa dapat mengembangkan kemampuan keterampilan berfikir, keterampilan pemecahan masalah dan kemampuan intelektual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar. Sejalan dengan itu pula tentu hasil belajar adalah goalnya yakni bagaimana model pembelajaran Problem based instruction&nbsp;atau&nbsp;istilah lain pembelajaran&nbsp; berdasarkan masalah berkorelasi dengan hasil belajar bagi siswa. Hal ini tentu harus menjadi perhatian bagi pendidik itu sendiri. Dua variabel antara model pembelajaran Problem based instruction&nbsp;dengan hasil belajar adalah satu kesatuan yang diharapkan menghasilkan pembelajaran yang berkualitas.</em></p> Ahmad Hulaimi, Khairuddin Copyright (c) 2021 Ahmad Hulaimi, Khairuddin http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/473 Wed, 07 Jul 2021 00:00:00 +0000 Pengaruh Pelayanan Perpustakaan terhadap Minat Baca Siswa di SMA NU 1 Gresik http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/445 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap minat baca siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitaf yang di lakukan di SMA NU 1 Gresik dengan jenis penelitian yang di gunakan <em>Ex Post Facto</em>. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket dengan siswa sebagai responden. Teknik pengambilan sample menggunakan <em>Simple Random Sampling</em>. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pelayanan perpustakaan memiliki pengaruh terhadap minat baca siswa di SMA NU 1 Gresik dengan T hitung sebesar 38,418 dan nilai siginifikasi sebesar 0,000 . Penelitian ini menemukan hasil secara umum, bahwa pelayanan perpustakaan dan minat baca siswa memperoleh kategori cukup.&nbsp; Pelayanan perpustakaan memberikan pengaruh 12,9% terhadap minat baca siswa dengan sisanya dipengaruhi faktor lain. Pelayanan perpustakaan terus dikembangkan dan diperbaiki, sehingga lebih menumbuhkan minat baca dikalangan siswa.</p> <p><strong><em>Kata Kunci : Pelayanan Perpustakaan; Minat Baca Siswa.</em></strong></p> suci tiandari agustina kurniyati Copyright (c) 2021 suci tiandari agustina kurniyati http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/445 Wed, 07 Jul 2021 00:00:00 +0000