Pembekalan Lomba Ramadhan Ceria Bagi Siswa Di Salah Satu TPQ Karawang

Authors

  • Fadillah Prabowo Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatunnajah Bekasi
  • Annisa Fardiyatul Muslimah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatunnajah Bekasi
  • Annisa Nurdianti
  • Dafa Febra Laela
  • Dini Amelia
  • Mariana Nur Endah Lestari

DOI:

https://doi.org/10.37216/afada.v2i2.1410

Keywords:

Pembekalan, , Lomba Ramadhan Ceria, Mengajar, Salah Satu TPQ Karawang

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah metode pengajaran. Metode pengajaran memiliki peran krusial dalam menentukan efektivitas pembelajaran. Hal ini juga berlaku dalam konteks pembelajaran agama, terutama di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ). TPQ adalah sebuah institusi pendidikan nonformal yang secara khusus mengutamakan pendidikan agama Islam. Tujuan KKN ini adalah untuk meningkatkan moralitas, kepribadian, dan moralitas anak-anak, mendorong semangat pembelajaran agama Islam, serta memajukan minat, potensi, kreativitas, dan kepercayaan diri anak-anak di TPQ Salah Satu Kota Karawang melalui program pembekalan Lomba Ramadhan Ceria. Program ini digagas oleh mahasiswa KKN dari STIT Hidayatunnajah Bekasi yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Pembekalan Lomba Ramadhan Ceria mencakup empat kegiatan, yakni pelatihan kompetisi tahfidz, kompetisi hafalan hadits, kompetisi kaligrafi, dan kompetisi cerdas cermat. Metode yang digunakan dalam penyelenggaraan KKN ini mencakup tahap persiapan, pelatihan, dan pelaksanaan. Dampak dari KKN ini meliputi peningkatan semangat belajar dan pemahaman dasar agama Islam pada siswa TPQ tingkat sekolah dasar dan peningkatan keberanian dalam menunjukkan bakat serta tingkat kepercayaan diri yang bertumbuh.

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Prabowo, F., Muslimah, A. F., Nurdianti, A., Laela, D. F., Amelia, D., & Lestari, M. N. E. (2024). Pembekalan Lomba Ramadhan Ceria Bagi Siswa Di Salah Satu TPQ Karawang. AFADA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 23–27. https://doi.org/10.37216/afada.v2i2.1410