ANALISIS EFEKTIFITAS STRATEGI PEMASARAN DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP INCOME UMKM DI KECAMATAN LABUHAN HAJI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi adakah pengaruh efektifitas strategi pemasaran (berupa produk, harga, promosi, dan distribusi) dan literasi keuangan (berupa pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan perilaku keuangan) terhadap income (pendapatan) UMKM di Kecamatan Labuhan Haji. Penelitian ini bersifat field research dengan metode penelitian kuantitatif asosiatit. Populasi dan sampel penelitian ini adalah masyarakat yang memiliki usaha di wilayah Kecamatan Labuhan Haji. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan penyebaran angket melalui link google form. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa efektifitas strategi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap income UMKM hal ini dapat dilihat pada tabel 4.17 yang menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel variabel efektifitas strategi pemasaran , yaitu sebesar 3,113 > 2,01174 dan nilai sig. 0,003 < 0,05. Sedangkan hasil uji t pada variabel literasi keuangan juga menunjukkan hubungan yang signifikan terhadap income UMKM hal ini dapat dilihat pada tabel 4.17 yang menunjukkan bahwa t hitung > t tabel variabel literasi keuangan, yaitu sebesar 6,416 > 2,01174 <0,001 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa efektifitas strategi pemasaran dan literasi keuangan secara simultan berpengaruh terhadap income UMKM di Kecamatan Labuhan Haji karena memperoleh nilai F hitung > f tabel, yaitu sebesar 34,955 > 3,19 dan nilai nilai sig. sebesar <0,001 lebih kecil dari 0,05.
Kata Kunci: Efektifitas Strategi Pemasaran, Literasi Keuangan