STRATEGI PENGUATAN BMT PERMATA HIDAYATULLAH BERDASARKAN PRILAKU PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL PAOKMOTONG LOMBOK TIMUR

Authors

  • Abdul kadir Jaelani IAI Hamzanwadi

Abstract

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh Strategi penguatan BMT Permata Hidayatullah yang didasarkan pada pemahaman perilaku pedagang di pasar tradisional paokmotong. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan strategi yang dapat meningkatkan peran dan kontribusi BMT dalam mendukung kebutuhan ekonomi keuangan pedagang. Strategi utama yang ditemukan melibatkan rendahnya peningkatan literasi keuangan syariah bagi pedagang di pasar tradisional paokmotong diakibatkan karena kurangnya pemahaman yang tidak diperhatikan tentang lembaga kuangan syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan mengguanakan  pendekatan sosiologis yaitu pendekatan yang berfokus pada penelitian atas suatu objek yang dilandaskan pada masyarakat. Data yang diperoleh didapatkan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data dengan merangkum hasil wawancara, kemudian dilakukan penyajian data dalam bentuk uraian sebagai penguat dari hasil observasi sehingga dapat menyimpulkan rumusan masalah yang dikemukakan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  dalam menjalankan strategi penguatan BMT Permata Hidayatullah telah berhasil diterapkan berdaasarkan prilaku pedagang di pasar tradisional paokmotang yang  melibatkan sejumlah nasabah secara signifikan. Hal ini diharapkan dapat membuka peluang baru untuk pertumbuhan ekonomi pedagang dan secara keseluruhan, memperkuat posisi BMT Permata Hidayatullah dalam mendukung ekosistem pasar tradisional paokmotong.

Kata Kunci: Strategi, Penguatan, BMT

Downloads

Published

2024-07-16