DETERMINAN KEPUTUSAN GEN Z BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH UIN MATARAM 2020-2021)
Abstract
Abstrack
Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya investor-investor muda khususnya dikalangan Gen Z yang memberikan banyak kontribusi dalam peningkatan laju investasi dan penambahan investor.Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dari media sosial, literasi keuangan, persepsi resiko, dan motivasi terhadap keputusan Gen Z berinvestasi di pasar modal syariah. Metode dan pendekatan dalam penelitian ini adalah metode peneltian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 220 orang. Sedangkan jumlah sampel dari penelitian ini adalah 55 sampel dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linier Sederhana, Uji Kelayakan Model, Uji Hipotesis (Uji T), dan Uji Simultan (Uji F). Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa variabel media sosial dan moivasi memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan berinvestasi dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan persepsi resiko dan literasi keuangan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berinvestasi dengan nilai signifikan 0,053 > 0,05 (X2) dan 0,190 > 0,05 (X3). Dan secara simultan media sosial, literasi keuangan, persepsi resiko, dan motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berinvestasi di pasar modal syariah.
Kata Kunci : Media Sosial, Literasi Keuangan, Persepsi Resiko, dan motivasi Gen Z