PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN MARKET SHARE PERBANKAN SYARI’AH DI INDONESIA PERIODE 2014-2021
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pertumbuhan market share perbankan syariah yang masih dikategorikan lambat dan cenderung stagnan. Perkembangan perbankan syariah yang signifikan dari tahun ke tahun ternyata belum mampu menciptakan nilai market share yang tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif, kemudian sumber data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu laporan tahunan (annual report) yang dipublikasikan pada website resmi masing-masing BUS di Indonesia dari tahun 2014-2021. Penelitian yang digunakan menggunakan teknik analisis regresi data panel.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Return On Asset (ROA) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap market share dengan nilai probabilitas sebesar 0,2749. Capital Adequency Ratio (CAR), memiliki pengaruh signifikan terhadap market share dengan nilai probabilitas sebesar 0,0465. Non Performing Financing (NPF) memiliki pengaruh terhadap market share dengan nilai probabilitas sebesar 0,0031. Return On Asset (ROA), Capital Adequency Ratio (CAR) dan Non Performing Financing (NPF) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap market share dengan nilai probabilitas sebesar 0,026100.
Kata Kunci: Market Share, Perbankan Syariah, Return On Asset (ROA), Capital Adequancy Ratio (CAR), dan Non Performing Finance (NPF).