Efektivitas Permainan Kotak Kata Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Di taman Kanak-kanak Negeri Pembina Painan
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.713Keywords:
Permainan Kotak Kata; Kemampuan Membaca Permulaan Anak.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas permainan kotak kata terhadap membaca permulaan pada anak usia 4-6 tahun di Taman Kanak kanak Negeri Pembina Painan. Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya kemampuan anak dalam membaca serta kurangnya pemahaman anak terhadap konsep pengenalan huruf, seperti: anak yang belum mampu untuk menyebutkan huruf dari namanya, anak belum sepenuhnya mengenal simbol-simbol huruf, dan anak kurang mampu merangkai huruf menjadi kata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasy eksprimen. Sampel penelitian ini masing-masing berjumlah 17 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan test yang berupa pernyataan sebanyak 12 item pernyataan dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan bantuan komputerisasi SPSS 25. Hasil dari penelitian terlihat bahwa varians data N-gain untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah berdistribusi normal, dan hasil uji homogenitas kelas eksperimen dan kelas control adalah sama atau homogen. Kemudian berdasarkan tabel diatas diketahui nilai sig (2- tailed) adalah sebesar 0,000 dan di nyatakan < 0,05. Dengan demikian disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara permainan kotak kata dengan menebalkan kata pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Painan.
References
Arifin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Ariyanti, Tatik. 2016. “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development”. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar Vol. 8, No 1.
Aulia, Baiq Nunike Resti., Budiningsih, Asri. 2021. “Tingkat Pemahaman Guru Taman Kanak-kanak di Lombok dalam Stimulasi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 5, No. 2.
Erik., dkk. 2021. “Pengaruh Home Literacy Terhadap Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini Di Cirebon”. Jurnal.upmk.ac.id Vol. 5, No. 2.
Fahmi, dkk. 2021. “Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 1.
Friantary, Heny. 2020. “Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol.1, No 2.
Husain, Jaharia, Muhammad Tahir, Heri Setiawan. 20221. Pengembangan Media Kotak Kata dalam Pembelajaran Materi Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN 3 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Volume 6, Nomor 4.
Nisa, Z., Amal, A., & Nilawati, A. 2021. Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Kegiatan Bermain Kartu Huruf Bergambar. Jurnal Profesi Kependidikan, 2(1 Apr).
Nurhazizah., Rismareni Pransiska., Saridewi. 2019. “Peningkatan Kemampuan Membaca Anak melalui Permainan Bengkel Kata di Taman Kanak-kanak Smart Kids Padang Panjang”. Journal on Early Childhood Vol. 2 No. 2.
Putra, P. A. 2020. Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Dengan Multimedia Interaktif. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 20-25.
Rachmadi, Alddino Gusta. 2019. EASY PARENTING Strategi Menumbuhkan Minat Baca Sejak Usia Dini. Bandunng: Edwrite Publishing.
Rahardjo, M. 2010. Triangulasi dalam penelitian kualitatif.
Ramadanti, Erfiani.,dkk 2021. “Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Kartu Bergambar bagi Anak Usia Dini dalam Bingkai Islam dan PerspektifPakar Pendidikan”. Jurnal Journal of Islamic Early Childhood Education Vol. 4, No.2.