Analisis Cluster Ketersediaan Fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia Menggunakan Metode Fuzzy C-Means

Authors

  • M.Arzani STKIP Hamzar
  • Eliyana STKIP Hamzar

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v5i2.1813

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) penting bagi perkembangan anak. Di Indonesia, kesetaraan akses dan kualitas PAUD menjadi fokus. Tantangan besar terkait pengukuran dan peningkatan kualitas fasilitas PAUD. Metode analisis, seperti Fuzzy C-Means (FCM), diperlukan untuk mengatasi kerumitan dan kompleksitas data. Meskipun potensinya besar, penggunaan FCM masih terbatas di Indonesia. Penelitia ini bermaksud mengeksplorasi kegunaannya dalam meningkatkan ketersediaan fasilitas PAUD. Penelitian melibatkan data fasilitas PAUD di Indonesia, terkait ketersediaan internet dan listrik (2022-2023), dari situs resmi Kemendikbud-Ristek. Analisis dilakukan dengan cluster dan Fuzzy C-Means.Hasil clusterisasi ketersediaan fasilitas PAUD di Indonesia 2023 menurut Fuzzy C-Means menunjukkan sebagian besar PAUD belum memenuhi standar kelayakan. Beberapa mencapai standar baik, bisa jadi acuan untuk perencanaan dan evaluasi program pendidikan.

References

Abid, A. & Setiawan, R. P., 2023. Pemanfaatan Metode Clustering untuk Menganalisis Penduduk Kebumen yang Memiliki Keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Journal of Data Science Theory and Application, 2(2).

Alifah, S., 2021. Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Mengejar Ketertinggalan dari Negara Lain. CERMIN : Jurnal Penelitian, 5(1).

Az-Zahra, A. & Wijayanto, A. W., 2024. Tinjauan Kesejahteraan di Daerah Perbatasan Republik Indonesia Tahun 2021: Penerapan Analisis Klaster K-Means dan Hierarki. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 12(1).

Dewi, A. N. & Djamaluddin, S., 2022. Pengaruh Dana Bantuan Operasional terhadap Kualitas Layanan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2).

M., 2019. Aanalisis Cluster dengan Menggunakan Metode Partisi pada Pengguna Alat Kontrasepsi di Kalimantan Barat. Buletin Ilmiah Math. Stat. dan Terapannya (Bimaster), 8(4), p. 893 – 902.

Nur, I. M., Syifa, A. N. L., Kharis, M. & Permatasari, S. H., 2023. Implementasi Metode Fuzzy C-Means dalam Pengelompokkan HasilA Panen Padi di Provinsi Bali. Variance: Journal of Statistics and Its Applications, 5(1), pp. 13-24.

Nurmin, D., Hayati, M. N. & Goejantoro, R., 2022. Penerapan Metode Fuzzy C-Means Pada Pengelompokan Kabupaten/Kota di Pulau Kalimantan Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat Tahun 2020. Jurnal EKSPONENSIAL, 13(2).

Oktriani, O. N., Danugiri, H. & Hoerniasih, N., 2022. Pengelolaan Pembelajaran Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Paud Nur-Adzkia Telukjambe Karawang. Journal Of Lifelong Learning, 5(2), pp. 72-79.

Rakhmawaty, N., Nasution, Y. N. & Amijaya, F. D. T., 2022. Perbandingan Metode K-Means Dan Metode Fuzzy C-Means (FCM) Pada Analisis Kinerja Pegawai PT. Cemara Khatulistiwa Persada Bontang. Jurnal EKSPONENSIAL, 13(1).

Sanusi, W., Zaky, A. & Afni, B. N., 2019. Analisis Fuzzy C-Means dan Penerapannya Dalam Pengelompokan Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan Berdasarkan Faktor-faktor Penyebab Gizi Buruk. Journal of Mathematics, Computations, and Statistics, 2(1), pp. 47-54.

Syafiyah, U. et al., 2022. Analisis Perbandingan Hierarchical dan Non-Hierarchical Clustering Pada Data Indikator Ketenagakerjaan di Jawa Barat Tahun 2020. Seminar Nasional Official Statistics.

Yenti, Y., 2021. Pentingnya Peran Pendidik dalam Menstimulasi Perkembangan Karakter Anak di PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2).

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

M.Arzani, & Eliyana. (2024). Analisis Cluster Ketersediaan Fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia Menggunakan Metode Fuzzy C-Means. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 5(2), 106–112. https://doi.org/10.37216/aura.v5i2.1813