Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Kesadaran Diri pada Anak Usia 5 Tahun di Pasti Al-Mukmin Malaysia

Authors

  • ST. Hajar Dilla At Mahasiswa IAIN PAREPARE

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v5i2.1830

Keywords:

Kata kunci: Kesadaran diri, Permainan ular tangga, Sosial-emosional

Abstract

Aspek perkembangan kesadaran diri merujuk pada proses dimana seseorang mulai memahami dan mengenali siapa dirinya, termasuk emosi, pikiran, kekuatan, kelemahan dan keyakinan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran diri pada anak usia 5 tahun di Pasti Al-Mukmin Malaysia melalui penerapan permainan ular tangga. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus memiliki empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pada penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Instrument yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar observasi dan catatan anekdot. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penerapan metode permainan ular tangga dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak pada bagian kesadaran diri di Pasti Al-Mukmin Malaysia, dapat dilihat dari hasil yang didapatkan meningkat di setiap siklusnya.

References

Age, J. G., & Hamzanwadi, U. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233

Ambarwati, R. D., Istianah, F., & Shiyam, N. (2023). Penggunaan Media Kartu Gambar ( Flash Card ) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I SD Negeri Panggreh 1 Jabon , Sidoarjo. 3, 5341–5350.

Asiyah, S., Dewi, A. C., & Sulianto, J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fli Pbook Maker Dengan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Kemampuan Kesadaran Diri Anak Usia 4 - 5 Tahun. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 8(1), 53–60. https://doi.org/10.26877/jp3.v8i1.13181

Fransisca, R., Wulan, S., & Supena, A. (2020). Meningkatkan Percaya Diri Anak dengan Permainan Ular Tangga Edukasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 630. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405

Furi, A. Z., & Harmawati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Metode Eksperimen Menggunakan Media Loose Parts pada Anak Kelompok B Info Articles. Emphaty Cons: Journal of Guidance and Counseling, 1(2), 7–19. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp

Hewi, L. (2020). Pengembangan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Dadu Di RA An-Nur Kota Kendari. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak, 9(1), 72–81. http://103.98.176.9/index.php/paudia/article/view/5918%0Ahttp://103.98.176.9/index.php/paudia/article/download/5918/3240

Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA PRA SEKOLAH. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1). https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645

Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional. Preschool, 1(1), 11–28. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8172

Nisa, A. R., Patonah, P., Prihatiningrum, Y., & Rohita. (2021a). Pencapaian Kemampuan Sosial Emosional Anak Berdasarkan Kelompok Usia 4-5 Tahun Selama Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Audhi, 4(1), 1–13.

Nisa, A. R., Patonah, P., Prihatiningrum, Y., & Rohita. (2021b). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan Pada Aspek Kesadaran Diri Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 1–7. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.696

Nurhasanah, Sari, S. L., & Kurniawan, N. A. (2021). Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(02), 91–102.

Ramdani, Z., Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2021). Penerapan permainan tradisional Bakiak Ular Tangga untuk menstimulasi perkembangan sosial emosional anak. Jurnal Golden Age, 5(2), 1–14.

Setiyowati, Y. (2019). PENGARUH PEMBIASAAN TERHADAP KESADARAN DIRI DAN PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK KHADIJAH PANDEGILING SURABAYA. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 6(3), 15–27.

Suciati, I. (2021). Metode Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 33–44. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.63

Downloads

Published

2024-12-02

How to Cite

ST. Hajar Dilla At. (2024). Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Kesadaran Diri pada Anak Usia 5 Tahun di Pasti Al-Mukmin Malaysia. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 5(2), 87–96. https://doi.org/10.37216/aura.v5i2.1830