Transformasi Peran Guru Sebagai Pilar Pendidikan dan Masyarakat Modern
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v5i2.1833Keywords:
Transformasi, Guru, Pilar Pendidikan, Masyarakat ModernAbstract
Artikel ini mengkaji peran penting guru dalam masyarakat modern, yang melampaui fungsi tradisional sebagai pengajar di kelas. Guru kini berperan sebagai pemandu, mentor, dan agen perubahan sosial, yang diharapkan dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan pustaka, penelitian ini menyoroti tantangan yang dihadapi oleh guru, termasuk isu kesejahteraan, namun tetap menekankan komitmen mereka untuk berkontribusi pada pendidikan dan pengembangan karakter generasi muda. Ditekankan pula pentingnya pemahaman dan penghargaan masyarakat terhadap peran guru sebagai pilar dalam pembentukan intelektualitas dan nilai-nilai moral siswa. Dukungan dari berbagai pihak sangat diperlukan agar guru dapat melaksanakan tugasnya secara efektif dan memberikan dampak positif bagi masa depan.
References
Bishaw, A. (2017). The Characteristics of an Effective Teacher. International Journal of Education and Practice, 5(4), 178-185.
Budiyono, B. (2020). Inovasi pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran di era revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300–309.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.
Hutabarat, R., Asri, J., & Nababan, D. (2024). PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu, 1(1), 58–64.
Latif, A. (2020). Tantangan Guru dan Masalah Sosial Di Era Digital. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3).
Saat, S. (2014). Guru: status dan kedudukannya di sekolah dan dalam masyarakat. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 102–113.
Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan peranan guru dalam proses peningkatan belajar mengajar. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–42.
Sulistiani, I., & Nugraheni, N. (2023). Makna Guru Sebagai Peranan Penting Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1261–1268.