Pengembangan Alat Permainan Edukatif Berbasis Model
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v2i1.459Keywords:
Alat Permainan Edukatif, Berbasis ModelAbstract
Anak usia dini adalah pribadi yang unik dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya. Pertumbuhan dan perkembangan anak akan optimal seiring dengan stimulasi yang diberikan kepadanya melalui bermain yang merupakan sarana belajar anak untuk mendapatkan pengetahuan, pembentukan watak dan sosialisasi. Oleh sebab itu diperlukan alat permainan edukatif (APE) berbasis model yang mengandung nilai-nilai edukatif serta mengasah aspek perkembangan anak yg lain. Diantara alat permainan edukatif (APE) berbasis model yang dapat diterapkan adalah: permainan edukatif berbasis model melalui permainan siapa terbanyak, raja bola, kemiri, congklak dan boi-boian. Nilai-nilai edukatif yang terkandung adalah: mengendalikan diri, bertanggung jawab, ketangkasan, keseportifan, kerapian, mengembangkan aspek sosial, kognitif, moral dan membina ketangkasan anak. Diantara pengaruh permainan tersebut bagi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini adalah: untuk pengembangan keterampilan gerak, fisik, kesegaran jasmani, dorongan untuk berkomunikasi, penyaluran bagi energi emosional yang terpendam, penyaluran bagi kebutuhan dan keinginan, rangsangan bagi kreativitas, untuk perkembangan aspek sosial, emosi/kepribadian, aspek kognisi, mengasah ketajaman penginderaan dan mengembangkan keterampilan olah raga.
References
Anwar, dkk, “Model Pengembangan Alat Permainan Edukatif Berbasis Sosial Budaya Pada Pembelajaran Anak Didik Klompok Bermain”, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 19, Nomor 2, Juni 2013.
Budiman, Rudy, Kreativitas Melalui Pembuatan APE, Bandung: PPPPTK TK dan PLB, 2014.
Craft, Anna, Membangun Kreatifitas Anak, Jakarta: Inisiasi Press, 2003.
Eliyawati, Cucu, Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar AUD, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005.
Gunawan, Pria, Panduan Model Pembelajaran Steam Pendekatan Saintifik, Makasar: Dikmas, 2019.
Hidayatullah, Furqon, Mendidik Anak dengan Bermain, Surakarta: LPP UNS, cetakan pertama, 2008.
Itadz, Mbak, Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita Untuk Anak Usia Dini, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008.
Ismail, Andang, Education Games: Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif, Yogyakarta: Pilar Media, 2006.
Jamal Ma’mur Asmani, Buku Pintar Home Schooling, Jogjakarta: FlashBooks, cetakan pertama, 2012.
Kunandar, Penilaian Autentik Berdasarkan Kurikulum 2013, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2013.
Latif, Mukhtar, dkk, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2014.
Masnipal, Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional, Jakarta: Gramedia, 2013.
Mulyasa, E, Manajemen PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya, cetakan pertama, 2012.
Muchtaromah, Bayyinatul, Pendidikan Reproduksi Bagi Anak Menuju Aqil Baligh, Yogyakarta: UIN-Malang Press, cetakan pertama, 2008.
Novan Ardy Wijayani & Barnawi, Format PAUD, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Rasyid, Harun, Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Multi Pressindo, 2009.
Rakhmat, Jalaluddin, Belajar Cerdas Belajar Berbasis Otak, Bandung: MLC, 2007.
Rintis Rizkia Pangestika, ”Permainan Tradisional Edukatif Sebagai Metode Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah “, Artikel Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Shoba Dewey Chugani, Anak Yang Cerdas Anak Yang Bermain, Jakarta: Gramedia, 2009.
Suyadi, Manajemen PAUD, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
--------- , Psikologi Belajar PAUD, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2010.
Syaodih, Ernawulan, Bimbingan di TK, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005.
Thobroni, Muhammad, dkk, Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Triharso, Agung, Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini, Yogyakarta: CV Andi Offset 2013.
Trianto, Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
Partini, Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Grafindo Litera Media, 2010.
Wibowo, Agus, Pendidikan Karakter Usia Dini, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Yusria, dkk, “Permainan Tradisional Sebagai Model Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini”, AL-ATHFAAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Uisa Dini, Vol. 2 No. 1 2019.
Zaman, Badru, Pengembangan Alat Permainan Edukatif untuk Anak TK, Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia, 2006.