Efektivitas Alat Permainan Edukatif Dalam Membentuk Karakter Kemandirian Dan Kedisiplinan Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v2i1.462Keywords:
Kemandirian dan Kedisiplinan, Anak Usia Dini, Alat Permainan EdukatifAbstract
Masa prasekolah (RA/TK) merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan pada anak usia dini, masa ini paling tepat untuk meletakkan pundasi awal dalam mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki, meliputi: perkembangan nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, seni dan kreatifitas. Sehingga dari 6 (enam) standar perkembangan anak tersebut, akan tercermin karakter terpuji yang merupakan sikap yang sudah terpatri dalam diri anak dan telah menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Karakter dapat dijadikan barometer antara kebaikan dan keburukan. Kebaikan dapat terwujud apabila ditanamkan nilai-nilai karakter terpuji. Penting jika sejak usia dini perlu ditanamkan konsep diri, disiplin diri dan kemandirian. Penanaman karakter kemandirian dan kedisiplinan yang paling tepat dan efektif untuk anak usia dini ialah dengan menggunakan alat permaninan edukatif. Sebab dunianya anak adalah bermain, dan bermainnya anak merupakan aktivitas belajar anak. Melalui alat permainan edukatif anak dapat bermain sambil belajar dalam rangka mengembangkan potensi dan menanamkan karakter kemandirian dan kedisiplinan pada anak usia dini. Pembiasaan kemandirian dan kedisiplinan pada anak usia dini akan muncul nilai-nilai karakter yang terpuji lainnya meliputi: religius, jujur, toleransi, kerja keras, kreatif, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.
References
Abdullah, Adil Fathi. 2005. Pahami Anak Anda Akan Sukses Mendidiknya. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Ardy Wiyani, Novan. 2012. Format PAUD. Konsep, Karakteristik & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ardy Wiyani, Novan. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Ardy Wiyani, Novan. 2013. Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Ardy Wiyani, Novan. 2015. Manajemen PAUD Bermutu. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Ardy, Novan. 2013. Manajemen Kelas (Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif). Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
H. E. Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
http://paudjateng.xahzgs.com/2015/09/perkembangan-seni-anak-usia-0-6 -tahun.html?m=1 di akses pada tanggal 10 Maret 2017 pukul 20.00 WITA.
http://www.parentsguide.co/2013/03/tumbuh-kembang-anak-usia-5-6tahun html?m=1 di akses pada tanggal 08 Maret 2017 pukul 10.00 WITA.
http://www.rumahinspirasi.com tentang Konsep Pengembangan PAUD Non Formal, Pusat Kurikulum Diknas, 2007 di akses pada tanggal 08 Maret 2017 pukul 12.00 WITA.
http;//pgpaud.blogspot.co.id/2011/02/pengembangan-moral dan nilai-nilai.html?m=1diakses pada tanggal 08 Maret 2017 pukul 12.00 WITA.
Igrea Siswanti dan Sri Lestari. 2012. Panduan Bagi Guru dan Orang tua Pembelajaran atraktif dan 100 permainan kreatif untuk PAUD. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.
Januhari Muchtar, Heri. 2005. Fikih Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Kadir Abdul,dkk 2012. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada media Group.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005. Edisi III. Depdiknas. Jakarta: Balai Pustaka.
Kasmadi. 2013. Membangun Soft Skill Anak-anak Hebat. Bandung: Alfabeta.
Koesoema, Doni. 2011. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
M. Fadlillah dan Lilif Muallifatu Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhammad Fadlillah & Lilif Mualifatu Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rohmat, Mulyana. 2012. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Rosdakarya. Eka Prihatin. 2011. Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Sidharto, Suryati. dan Eka Izzaty, Rita. 2007. Pengembangan Pembiasaan Positif Sosial LifeSkill untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Siswanto, Wahyudi. 2010. Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter, Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Press.
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT. Bintang Pustaka
Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.