Pendidikan Anti Kekerasan Terhadap Anak (Analisis dalam Perspektif Islam)
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v2i1.466Keywords:
Pendidikan, Kekerasan, Anak, IslamAbstract
Prosiding ini bertujuan untuk menganalisis pendidikan anti kekerasan terhadap anak usia dini dalam perspektif Islam. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis kritis. Berdasarkan metode tersebut, diperoleh temuan penelitian bahwa: (1) kekerasan terhadap anak terjadi akibat rendahnya pemahaman tentang anak sejak usia dini. (2) Islam telah menjelaskan hak dan perlindungan terhadap anak (3) pemahaman mengenai kondisi anak merupakan salah satu inti pendidikan anti kekerasan teradap anak.
References
Darajat, Zakiah., dkk. 2000. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Fields, Tim. 2002. Issues Related to Bullying: Abuse. www.Successunling.co.uk/related/abuse.htm#abuse.
Ghufran, Ali. 2007. Lahirlah dengan Cinta: Fikih Hamil dan Menyususi. Jakarta: Amzah.
Heman. 2006. Kekerasan pada Anak-anak Indonesia. www.smeru.or.id
Hamid, Sholahuddin. (t.th). Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Islam. Jakarta: Amisco.
Hamid Al-Ghazali, Abu. 1992. Ihya Ulum Ad-Din. Semarang: Asy-Syifa.
Huraerah, Abu. 2012. Kekerasan Terhadap Anak. Bandng: Nuansa Cendikia.
Kartini, Kartono. 1992. Patologi Sosial II: Kenakalan Remaja. CV. Jakarta: Rajawali.
Mini, Rose dan A. Priyanto. 2003. Perilaku Anak Usia Dini Kasus dan Pemecahannya. Yogyakarta: Kansius.
Muladi. 2002. Demokratisasi Hak Asai Manusia dan Reformasi Hukum di Indonesia Jakarta: The Habibie Center.
Nasir, Salman. 1999. Peranan Pendidikan Agama terhadap Pemecahan Problema Remaja. Jakarta: Kalam Mulia.
Sobur, Alex. 1991. Anak Masa Depan. Bandung: Angkasa.
Zahrotun, dkk. 2006. Psikologi Perkembangan: Tinjauan Psikologi Barat dan Psikologi Islam. Jakarta: UIN Jakarta Press.