Pengaruh Aktivitas Menghafal Doa Harian Terhadap Nilai Agama Dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di RA Tarbiyatul Aulad Karangtanjung Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v2i2.548Keywords:
Aktivitas, menghafal, Nilai Agama, MoralAbstract
Penelitian di latar belakangi oleh adanya kegiatan di RA. Tarbiyatul Aulad Karangtanjung Sidoarjo, yang mana anak tersebut menghafal doa harian. Sehubungan dengan kegiatan tersebut memunculkan pertanyaan apakah dengan aktivitas menghafal doa harian di RA. Tarbiyatul Aulad Karangtanjung Sidoarjo mampu berpengaruh terhadap nilai agama dan moral anak? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di RA.
Tarbiyatul Aulad Karangtanjung Sidoarjo sebanyak 28 responden. Karena jumlah siswa < 100, dan penelitian ini termasuk dalam penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Data terkumpul dianalisis menggunakan analisis Product Moment dan regresi sederhana dengan bantuan Software Program SPSS versi 25 for windows.
Hasil dari penelitian adalah : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara menghafal Do’a harian terhadap Nilai Agama dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di RA. Tarbiyatul Aulad Karangtanjung Sidoarjo, hal ini ditunjukkan oleh hasil r= 0,845, dengan p= 0,000 < 0,05 dan berada pada tingkat tinggi. (2) Besarnya pengaruh menghafal Do’a Harian terhadap Nilai Agamandan Moral anak Usia 5-6 Tahun di RA. Tarbiyatul Aulad Karangtanjung Sidoarjo adalah sebesar 71,5% yang ditunjukkan harga p = 0.000 < 0.05 dan sisanya sebesar 28,5% dipengaruhi oleh factor lain yang belum diketahui oleh peneliti.
References
Agustian, Ari Ginanjar. 2001. RahasiaAASukses Membangun kecerdasanHDEmosi dan Spiritual (ESQ). Jakarta: PenerbitAArga.
Azzat, Akhmad Muhaimin. 2014. Mengembangkan Kecerdasan Spiritual bagi Anak. Jakarta: Ar- Ruzz Media
Azwar, Saifuddin. 2017. Metode Penelitian Psikologi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Badwilan, Ahmad Salim. 2009. Panduan Cepat Menghafal A-Qur’an. Jogjakarta; DIVA Press.
Carolyn Meggit. 2013. Memahami Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Indeks.
.
Kadarwati, Desi. 2019. Pengaruh Kegiatan Berwudhu Terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Usia 5-6 Tahun di RA Bunda Aminah Fikri Palembang. PERNIK Jurnal PAUD. Vol 2 (2):
Lestariningrum, Anki. 2014. Pengaruh Penggunaan Media VCD Terhadap Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini Vol.8 No.2:
Maimunah, Hasan. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press. Hlm. 15
Mulianah Khaironi. 2017. Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi Vol.01 No.1
Novita, M & Simatupang, N, D. 2016. Hubungan antara pemberian ASI Ekslusif dengan kemampuan Motorik Kasar Bayi 6-24 bulan. Jurnal PAUD Teratai. Vol 5 (1):
Oktavia, Nova. 2015. Sistematika Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Deepublish.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 137 Tahun 2014, Standar Isi Tentang Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak.
Ridwan, Abdul Aziz. 2016. Manajemen Pelaksanaan tahfizul Qur’an. Jakarta Timur: Yayasan Ajyal Qur’aniyah.
Rifqoh, Indana Mashlahatur. 2015. Pengaruh Tingkat Kedisiplinan Shalat Lima Waktu terhadap Kecerdasan Spiritual Santri Pondok Pesantren Al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang Tahun 2015. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo.
Sjarkawi. 2014. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.