Pengaruh Puzzle Huruf dan Gambar Untuk Mengembangkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanakPutra 1 Pulau Punjung

Authors

  • Nurul Hasanah Nurul Hasanah Universitas Negeri Padang
  • Indra Jaya Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v3i1.585

Keywords:

Bahasa Inggris, Gamba, Puzzle, Kosakata, Huruf

Abstract

Kurang berkembangnya kosa kata anak dalam bahasa Inggris menjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian. Tujuan dari adanya penelitian ini untuk mengembangkan kosa kata anak dengan penggunaan puzzle huruf dan gambar. Puzzle huruf dan gambar ialah bagian dari alat permainan edukatif yang manfaatnya banyak bagi perkembangan anak. Quasi Eksperimen sebagai jenis penelitian yang digunakan, dimana dua kelas pada Taman Kanak – kanak Putra 1 Pulau Punjung sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes serta dokumentasi. Penelitian dilakukan di Taman Kanak – kanak Putra 1 Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya. Dari hasil penelitian, melalui uji hipotesis paired sample t-test terlihat bahwa nilai sig. (2-tailed) menunjukkan 0,000 dari kelas pre-test dan post-test, yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak karena nilai menunjukkan 0,000 < 0,005. Maknanya, adanya pengaruh  dari penggunaan puzzle huruf dan gambar dalam mengembangkan kosakata bahasa Inggris.dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan puzzle huruf dan gambar untuk mengembangkan kosa kata bahasa Inggris anak di Taman Kanak – kanak. 

References

Arumsari, Andini Dwi, Arifin, Bustomi dan Rusnalasari, Zuidyana Dwi. Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG – PAUD Trunojoyo, 4(2), Oktober 2017

Handayani, Sri. Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong ASEAN COMMUNITY 2015. Jurnal Profesi Pendidik Volume 3 Nomor 1, Mei 2016 hlm 102 – 106

Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Muryanti, Elise. Bercerita Sebagai Pendekatan Humanistik Dalam Stimulasi Bahasa Anak. E-Tech 7(2) Desember 2019, ISSN: 2541-3600

Okvia, Wahyutri dan Jaya, Indra. Konstruktivis Teori Dalam Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Flashcard Di Taman Kanak – Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1) Tahun 2021

Putri, Nadila Sri dan Muryanti, Elise. Video Game Series Dalam Pengucapan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2020

Ratri, Devinta Puspita, Iswahyuni, dan Lailiyah, Ni’matul. 2018. Mengajar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Malang : UB Press

Satrianingrum, Arifah Prima, Yulsyofriend dan Ismet, Syahrul. Metode Pengenalan Bahasa Inggris Di Pioneer Montessori School Padang. DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 2(4) September 2020

Situmorang, Mulkam Andika. Meningkatkan Kemampuan Memahami Wacana Melalui Media Pembelajaran Puzzle. Jurnal Bahasa, 1 (1) 2012

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kualititatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Widana, I Wayan dan Muliani, Putu Lia. Uji Persyaratan Analisis. Jawa Timur : Klik Media

Downloads

Published

2022-06-06

How to Cite

Nurul Hasanah, N. H., & Jaya, I. (2022). Pengaruh Puzzle Huruf dan Gambar Untuk Mengembangkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanakPutra 1 Pulau Punjung. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37216/aura.v3i1.585