Pelaksanaan Pengembangan Sosial Anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang

Authors

  • Nadya Salsabilafitri Nadya Salsabilafitri Universitas Negeri Padang
  • Izzati Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v3i1.591

Keywords:

Pengembangan sosial, Hakikat Pembelajaran, Anak Usia Dini

Abstract

Anak usia dini ialah individu yang unik dan mempunyai karakteristik yang sejalan dengan tahapan usianya. Pada masa ini, anak sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, masa usia dini (0-6) tahun ini juga sering disebut masa keemasan (golden age) sebab pada masa inilah merupakan sebuah periode awal bagi anak untuk mengeksplorasi dirinya ke lingkungan. Salah satu aspek yang dikembangkan di Taman Kanak-kanak ialah perkembangan sosial. Dewasa ini, pengembangan sosial merupakan salah satu aspek yang harus dimiliki oleh setiap individu untuk melakukan adaptasi, bersosialisasi, bekerja sama, menyesuaikan diri dengan teman sebaya dan melakukan pendekatan dengan orang lain termasuk dengan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pelaksanaan pengembangan sosial anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang pada bulan Februari hingga Maret 2022. Hasil penelitian secara umum diketahui bahwa Pelaksanaan pengembangan sosial anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang sudah terlaksana dengan baik. Guru telah membuat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang mengacu kepada kurikulum 2013 dan indikator pembelajaran. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwasanya dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pelaksanaan pengembangan sosial mengacu kepada kurikulum 2013 dan indikator pembelajaran yang telah ditetapkan.  

References

Akbar, E. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Kencana.

Azizah, N., Busyra, S., Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, I., & Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, P. (2021). Strategi Orang Tua dalam Perkembangan Aspek Sosial-Emosi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. 19, 1–13.

Hayati, Miratul, S. P. (2019). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. PT Rajagrafindo Persada.

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1 (Edisi Keenam). Erlangga.

Jatmiko, A. J., Hadiati, E. H., & Oktavia, M. O. (2020). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanan. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 83–97. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6875

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. PT Rinerka Cipta.

Musyarofah, M. (2018). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aba Iv Mangli Jember Tahun 2016. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 99. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122

Nurhafizah, N., & Moh.Kosnin, A. (2017). The Development of Children’s Social-Emotional Competences: A Case Study in UNP’s Labschool-Kindergarten, Padang Indonesia. 58, 369–374. https://doi.org/10.2991/icece-16.2017.64

Prabandari, I. R., & Fidesrinur, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 96. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.572

Rimardhanty, V. E. P., Soesilo, T. D., & Dwikurnaningsih, Y. (2019). Hubungan Antara Penyesuaian Sosial Dengan Interaksi Teman Sebaya Pada Mahasiswa Bk Uksw Angkatan 2017. Psikologi Konseling, 14(1), 398–408. https://doi.org/10.24114/konseling.v14i1.13736

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks.

Suryana, D. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Akreditasi Lembaga. Prenadamedia Group.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Bumi Aksara.

Suyadi & Ulfah M. (2013). Konsep Dasar Paud. PT Remaja Rodakarya.

Syafi’i, I., & Solichah, E. N. (2021). Asessmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Ummul Quro Talun Kidul. Jurnal Golden Age, 5(02), 83–88. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3108

Wardhani, W. D. L., Misyana, M., Atniati, I., & Septiani, N. (2021). Stimulasi Perilaku Sosial Anak Usia Dini melalui Media Loose Parts (Bahan Lepasan). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1894–1904. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.694

Downloads

Published

2022-06-06

How to Cite

Nadya Salsabilafitri, N. S., & Izzati. (2022). Pelaksanaan Pengembangan Sosial Anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3(1), 44–53. https://doi.org/10.37216/aura.v3i1.591