Hubungan Islamic Parenting Dengan Disiplin Anak Di Taman Kanak-kanak ATTIN SUMBAR Pariaman
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v3i1.593Keywords:
Islamic parenting, disiplin anakAbstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah belum optimalnya pola asuh orang tua secara islami, seperti ada beberapa dari anak yang masih rendah dan belum optimal menerapkan sikap kedisiplinan dalam sholat, disiplin tidur, disiplin baca alquran,disiplin,disiplin mandi dan disiplin makan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan Islamic parenting dalam membentuk karakter disiplin anak di Taman Kanak-kanak ATTIN SUMBAR Pariaman yang merupakan salah satu Taman Kanak-kanak Islam Terpadu unggulan dan siswa-siswinya memiliki banyak prestasi, serta untuk mengetahui masalah-masalah yang diperhatikan oleh wali dalam melaksanakan pola asuh Islami, apa yang dilakukan wali dalam mengatasi masalah tersebut dan pengaruh hubungan asuh islami terhadap kedisiplinan anak. Pendekatan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini dengan memakai pendekatan kuantitatif menggunakan desain penelitian korelasional. Pemerolehan data dilakukan memlaui penyebaran angket dan dokumentasi dengan jumlah sampelpenelitian 46 orang. Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi dengan program SPSS 16.hasilpenelitian ini menunjukan islamic parenting mempunyai huungan yang signifikan dengan dissiplin anak di Taman Kanak-kanak ATTIN SUMBAR Pariaman sebesar(2-tailed) 0,000 (< 0,05) dan tingkat hubungan cukup kuat (0,557). Implikasinya adalah dengan membiasakan pola asuhorang tua secara islami yang baik dan benar, maka akan membentuk karakter disiplin pada anak usia dini.
References
Al-quran
hadist
Sukardi.(2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ahmad Yani, dkk. Implementasi Islami parenting dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini di RA At-Taqwa Kota Cirebon. Jurnal: Awlady, Vol 13, No 1, 2017
Jamal Abdurrahman. Islami parenting . Pendidikan Anak Metode Nabi. Solo: Aqwam, 2010
La Hadisi, “Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini,” Al-Ta’dib, Vol. 8 No. 2, Juli-Desember 2015
Muhammad Riza, Pelaksanaan Penanaman Kedisiplinan Pada Anak Di Taman Kanak- Kanak, (Jurnal PG PAUD UIN Kalijaga Jogja ,Volume 1 No 3, 2015
Muhammad Yaumi, Pendidikan Karakter, Jakarta: PrenadaMedia Group, 2014
Mukhtar Latif, dkk, Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana, 2013
Mulyasa. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012
Syaikh Jamal Abdurahman. Islami parenting . Solo: Aqwan Media Profetiak, 2010
Yaya Jakaria. Mengelola Data Penelitian Kuantitatif dengan SPSS Aplikasi Data Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta, 2009
Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan metode pembiasaan dalam pembelajaran dengan disiplin anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 105-110.
Khotimah. (2019). Disiplin pada Anak Usia Dini. Jurnal : Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1(1), hlm. 94-108