Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Jari Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak TK Idhata Cambayya

Authors

  • Asri Febrianti Universitas Negeri Makassar
  • Rusmayadi Universitas Negeri Makassar
  • Herman Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v2i2.602

Keywords:

Bahasa Ekspresif, Boneka Jari, Metode Bercerita

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetauhi pengaruh metode bercerita menggunakan media boneka jari terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif Pre Experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design.

Penelitian ini dilaksanakan selama lima hari dan dalam beberapa tahap yaitu pretest yang dilakukan selama sehari dan dinilai dari segi aspek kemampuan bahasa anak sebelum diberikannya perlakuan/treatment dengan menggunakan media boneka jari, treatment dilakukan selama tiga hari menggunakan media boneka jari untuk mengetahui adakah pengaruh penggunakan media tersebut terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak, dan yang terakhir posttest yang dilakukan selama sehari dan berlangsung dari awal pembelajaran hingga selesai yang bertujuan untuk mengukur keadaan akhir sesudah subyek diberikan perlakuan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa ekspresif anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan media boneka jari terdapat perubahan yang signifikan, dibuktikan dari hasil uji wilcoxon yaitu diperoleh Zhitung -2,810 dan sig ,005. Apabila nilai sig. Statistik uji wilcoxon < alpha (0,05) atau |Zhitung |> |Ztabel (1,96)|, maka Ho ditolak. Diperoleh nilai  sig = 005 < alpha (0,05) sehingga diputskan untuk menolak Ho. jika Ho yang ditolak, maka secara otomatis H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh penggunaan  media boneka jari terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak TK Idhata Cambayya

References

Adhimah Syifaul. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Boneka Jari terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A di PAUD Tashwinul Afkar Gedangan Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya : Surabaya

A.Irmayani, Syamsuardi, dan Parwoto. 2021. Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol. 3. No. 1

Anggalia, Asri dan Mila Karmila. 2014. Upaya Meningkatkan kemampuan Bahasa Ekspresif Anak dengan Menggunakan Media Boneka Tangan MUCA ( Moving Mouth Puppet) pada kelompok A TK Kemala Bayangkari di Semarang. Jurnal Pendidikan PAUDIA. Vol.3. No. 2

Hajerah. 2019. Analisis Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak Melalui Penerapan Metode Bercerita di Taman Kanak-Kanak (TK) Pertiwi DWP SETDA Prov Sul-Sel. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. Vol. 3. No. 1

Hariyanti. 2019. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif anak melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Jari. Jurnal Pelita PAUD. Vol.3. No.2

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Peraturan Meteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: Mendikbud, 2014), hal. 27.

Nurazila Sari. 2020. Pengaruh Bercerita dengan Menggunakan Boneka tangan ( HAND PUPPET) untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B TK Islam Terpadu Ibu Harapan Bengkalis. Skripsi. Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Riau.

Melisa Eka susanti. 2018. Upaya dalam Mengembangkan Bahasa Ekspresif melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini di TK ASSALAM 2 Pulau Singkep Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung.

Muhammad Yusri Bachtiar. 2016. Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita Bergambar. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol.6. No. 1

Permendikbud 146 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD https://www.statmat.net/permendikbud-146-tahun-2014/

Purwanti, V. (2013).Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Balok Angka Pada Anak Kelompok B di TK Universal Ananda Kecamatan Patebon Kendal. Skripsi Universitas Negeri Semarang https://eprints.uny.ac.id/7778/3/bab%202%20-%2009111247009.pdf [diakses 12-04-2014]

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2015),

Downloads

Published

2022-06-05

How to Cite

Febrianti, A., Rusmayadi, & Herman. (2022). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Jari Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak TK Idhata Cambayya. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 2(2), 52–63. https://doi.org/10.37216/aura.v2i2.602