Meningkatkan Kemampuan Emosional Anak Melalui Role Playing Pada Kelompok B di TK Islam Al-Asy’ari NW Reban Tebu

Authors

  • Baiq Halimatuzzuhrotulaini
  • Salmiah IAI Hamzanwadi NW Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v2i2.603

Keywords:

Kemampuan Emosional Anak Usia dini., Metode Role Playing

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan role playing mampu meningkatkan kemampuan emosional anak kelompok B di TK Islam Al- Asy’ari  NW Reban Tebu Tahun Pelajaran 2018/2019, Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan di  Taman Kanak-Kanak Islam Al- Asy’ari NW Reban Tebu Selong Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019, dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2018.

Subjek penelitian ini ada 2, yaitu subjek yang melakukan tindakan yaitu Guru kelas B TK Islam al-Asy’ari, dan subjek yang menerima tindakan yaitu siswa kelompok B sebanyak 19 orang anak. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrument lembar observasi yang berbentuk checklist dan instrument wawancara untuk guru, indikator kinerja, prosedur tindakan, dan analisis data.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: dengan metode role playing dapat meningkatkan kemampuan emosional siswa yang dilihat dari peningkatan yang terjadi pada Siklus I dan Siklus II. Setelah mendapat tindakan pada pertemuan  Siklus I terjadi peningkatan sebesar 48 % atau 9 orang siswa katagori Mulai Berkembang (MB) dan 52% atau 10 orang siswa katagori berkembang sesuai harapan. Pada pertemuan ke-2 siklus II terjadi peningkatan yang signifikan yaitu  16% atau 3 orang siswa pada katagori Mulai berkembang ( MB) dan 84% atau 16 siswa pada katagori berkembang sesuai harapan (BSH). pada anak Kelas B usia 5-6 tahun di TK Islam AL-Asy’ari NW Reban Tebu pada tahun ajaran 2017/2018 yaitu sesuai dengan katagori ketuntasan yaitu 80%.

References

Anas Sujiono, Pengantar Evaluasi Pendidikan Jakarta, Rajawali Pers, 2008.

Aqib Zainul, Pedoman Tekhnis Penyelenggaraan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini) CV. Nuansa Aulia: Bandung, 2015.

Arikunto Suharsimi dan Supardi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta, Bumi Aksara, 2014.

Cristiana Hari Soetjiningsih, Perkembangan Anak sejak pembuahan Sampai dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: Prenada Grup, 2012.

Depdiknas, Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 58 Tentang Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Depdiknas, 2009.

Desmita, Psikologi Perkembangan Peseta Didik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Djalii, Psikologi Perkembangan Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2012.

Gunarti, W. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas Terbuka, 2010.

Hari Soetjiningsih Cristiana, Perkembangan Anak sejak pembuahan Sampai dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: Prenada Grup, 2012.

Kokom Komalasari, Pembelajaran Kontekstual, Bandung: PT Refika Aditama, 2011

Moeslichatoen, Metode Pengajaran di Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Musfiroh, Tadkirotun. Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jurnal. Jakarta, 2005.

Nugraha Ali, Metode Pengembangan Sosial Emosional, Jakarta: Universitas Terbuka, 2011.

Peny Upton, Psikologi Perkembangan, Jakarta. Erlangga, 2012.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tanggal 17 September 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. 2009.

Riana Mashar, Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2011.

Riris Eka Setiani. Metode Melatih Kecerdasan Emosional pada Anak di SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyah Purwokerto. (STAIN Purwokerto: Skripsi,) 2012.

Rochiyati Wiriatmadja, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Downloads

Published

2022-06-05

How to Cite

Baiq Halimatuzzuhrotulaini, & Salmiah. (2022). Meningkatkan Kemampuan Emosional Anak Melalui Role Playing Pada Kelompok B di TK Islam Al-Asy’ari NW Reban Tebu. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 2(2), 73–82. https://doi.org/10.37216/aura.v2i2.603