Pelaksanaan Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.716Keywords:
Kecerdasan, Visual Spasial, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengembangan serta evaluasi pelaksanaan pengembangan kecerdsan visual spasial anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kota Padang. Disini menjadi hal yang menarik, dimana guru mengembangkan kecerdasan visual spasial anak melalui kegiatan pembelajaran yang beragam. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk melihat bagaimana pelaksanaan pengembangan kecerdasan visual spasial anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kota Padang. Subjek penelitian yaitu anak-anak kelas B4, informasi penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru kelas B4 di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kota Padang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan berupa teknik triangulasi. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa pelaksanaan pengembangan kecerdasan visual spasial anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kota Padang, guru telah menyiapkan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Kegiatan yang dilakukan sudah sesuai dengan yang direncanakan dan guru melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilakukan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwasannya pelaksanaan pengembangan kecerdasan visual spasial anak dapat dikatakan sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan semestinya. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan tentu sudah mengacu pada kurikulum dan indikator percapaian perkembangan anak.
References
Adawiyah, R. (2018). Model Pembelajaran Proyek Bermuatan Budaya Lokal Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Dan Visual-Spasial. Jppm, Vol. 5, No. 1, 2018.
Kaunang, J., & Arsyad, L. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Melalui Media Papan Grafik Di Kelompok B1 Ra Al-Mourky Kec. Telaga Kab. Gorontalo. Journal Ecie, Vol. 01, No. 2, 2020.
Masitoh. (2008). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta : Universitas Terbuka
Rahmayani, T. I. (2021). Penggunaan Media Uno Stacko Melalui Pendekata Saintifik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5 6 Tahun. Antologi Pgpaud, Volume 4, Nomor 2, Agustus, 2021.
Rosidah, L. (2014). Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Permainan Maze. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volume 8 Edisi 2, November 2014.
Rukiyati. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Membentuk Balok Bangunan Melalui Metode Praktik Langsung Pada Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(2),135–150. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i2.522
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sukmadinata, N. S. (2015 Cetakan Ke-10). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Srianis, dkk. 2014. Penerapan Metode Bermain Puzzle Geometri Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bentuk. Jurnal PAUD Undikhsa, vol. 2. No. 1 Juli 2014
Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori Dan Praktik Pembelajaran). Padang: Unp Press.
Tejaningrum, D. (2014). Pengenbangan Alat Permainan My Costume Untuk Menstimulasi Kecerdasan Visual Spasial Pada Anak Usia Dini Autis. Inklusi, Vol. 1, No. 2 Juli- Desember 2014.
Wahyuni, R. S. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar Pada Anak Usia Dini Kelompok. Jurnal Tunas Siliwangi, Vol. 4, No. 1, April 2018.
Wiyani, N. A. (2017). Manajemen PAUD Berdaya Saing (1st ed.). Yogyakarta: Gava Media