Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Pratiwi Handayani Universitas Negeri Padang
  • Asdi Wirman Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.769

Keywords:

Agama, Moral, Anak

Abstract

Latar belakang penelitian ini merujuk pada pengembangan nilai agama dan moral anak yang materinya disusun secara terencana dan sistematis. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pengembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu At-Tin Sumbar kota Pariaman. Berdasarkan proses observasi pra penelitian ditemukan bahwa anak berprilaku sopan, menghargai orang yang baru dikenal, bertanggung jawab dan disiplin. Metode dalam penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan teknik deskriptif. Subjek penelitian yaitu semua anak kelompok B dan informan penelitiannya kepala sekolah, tenaga pendidik, dan orang tua. Teknik analisis data yang digunakan melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan. Selanjutnya  untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian diketahui bahwa secara umum pengembangan nilai agama dan moral telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan. Hal ini ditunjukkan dengan pembiasaan perilaku sopan, menyalami semua guru ketika datang, menggunakan magic word (maaf, tolong, permisi, terimakasih), bertanggung jawab atas apa yang dikerjakan, disiplin mengikuti semua kegiatan sekolah dan dibiasakan untuk antri. Selanjutnya guru melakukan evaluasi dengan cara penilaian harian melalui daftar ceklis di buku kontrol anak, catatan anekdot, kegiatan home visit yang dilakukan sekali dalam satu semester.

References

Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 28.

Atika, R. S., & Wirman, A. (2019). Pengelolaan Kegiatan Agama dan Moral Di Taman Kanak-Kanak Telkom Schools Padang. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 109-116.

Aryani, R., Sutrisno, S., & Zar'in, F. (2021). Manajemen Pembelajaran Kelas Di Taman Kanak-Kanak Al Mujahidin Ssekadau Hulu. Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1).

Bintari, R. H., & Khotimah, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin AUD Di Masa Pandemi Covid-19. Kumara Cendekia, 9(3), 182-192.

Dacholfany, I., & Hasanah, U. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Feblyna, T., & Wirman, A. (2020). Penggunaan Reward untuk Meningkatkan Pembiasaan Disiplin Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1132-1141.

Jannah, N., & Suryadilaga, M. A. (2020). Mengajarkan Shalat Pada Anak Usia Dini Dalam Masa Social Distancing Covid-19 Perspektif Hadis. AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 4(2), 427.

Kartiko, A., & Kurniwan, E. (2018). Metode Bercerita Dengan Teknik Role Playing untuk Menumbuhkan Akhlak Mulia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 201-222

Lestariningrum, A. (2014). Pegaruh Penggunaan Media VCD Terhadap Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak. JPUD: Jurnal Pendidikan USia Dini, 8(2), 195–206. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.082

Marlina, L. (2017). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1–19

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nita, A. D. (2021). Pelaksanaan Pendidikan Karaketr Bertanggung Jawab Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Padang Kemiling RT. 13 RW. 05 Kecamatan Selebar Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu). Skripsi

Nurjanah, S. (2018). Perkembangan Nilai Agama dan Moral (STTPA Tercapai). Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Puspitasari, E. (2012). Menyusun perencanaan pembelajaran AUD Enda Puspitasari. Educhild: Jurnal Pendidikan Dan Sosial, 1(1), 67–76.

Rakimahwati, R. (2021). Penanaman Nilai Moral Pada Anak Usia Dini Oleh Orang Tua Dalam Keluarga Di Jorong Koto Alam. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(1), 56-65.

Rochmah, E. Y. (2016). Mengembangkan karakter tanggung jawab pada pembelajar (Perspektif psikologi barat dan psikologi Islam). Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 3(1), 36-54.

Rozalena, R., & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan pembelajaran paud dalam mengembangkan potensi anak usia dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 76-86.

Salim, M. H. (2013). Pendidikan Agama dalam Keluarga Revitalisasi Peran Keluarga dalam Membangun Generasi Bangsa yang Berkarakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sari, N. S., Febrialismanto, F., & Solfiah, Y. (2019). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun Di Yayasan Permata Bunda TK

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Handayani, P., & Wirman, A. (2023). Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun . Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3(2), 91–102. https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.769