Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD

Authors

  • Vianti Anatasya Universitas PGRI Palembang
  • Misdalina Universitas PGRI Palembang
  • Hermansyah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v7i1.1082

Keywords:

Media audio visual, Bahasa Indonesia, hasil belajar

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari media audio visual terhadap hasil belajar siswa pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu quasi eksperimental design dengan desain penelitian berupa nonequivalent control group design. Peneliti menggunakan sampel penelitian yang terdiri atas dua kelas meliputi kelas eksperimen yaitu kelas VA berjumlah 21 siswa dan satu kelas kontrol yaitu VB berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, dan tes untuk mengumpulkan data penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah tes berupa soal uraian atau essai sebanyak 5 soal. Hasil uji normalitas didapat 0,151 dan 0,166 Sig ≥ 0,05 pada kelas eksperimen sedangkan 0,064 Dan 0,078 sig≥0,05 pada kelas kontrol. Maka data tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya hasil uji homogenitas yang didapat 0,253 sig≥0,05 maka data tergolong berdistribusi homogen. Sedangkan uji hipotesis yang digunakan menggunakan kriteria apabila t hitung ≥ tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak sebaliknya jika thitung ≤ttabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. Pada hasil perhitungan diperoleh yaitu thitun 7,690 dan tabel 2,086 pada taraf signifikan (2-tailed) yaitu 0.000≤0,05 maka hasil perhitungan uji t yaitu thitung≥ttabel adalah 4,669 ≥2,093 maka Ha diterima Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD.

Downloads

Published

2025-02-05

How to Cite

Vianti Anatasya, Misdalina, & Hermansyah. (2025). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 11–18. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i1.1082