Analisis Implementasi Pendidikan Budaya Alam Minangkabau Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1329Keywords:
Karakter, BAM, GlobalisasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji prinsip-prinsip moral atau pengembangan karakter yang terdapat dalam kearifan tradisional Minangkabau guna menetapkan standar perilaku. Selain itu, untuk mengenalkan kearifan lokal ini kepada generasi muda agar dapat dilestarikan di masa sekarang. Penelitian kualitatif dengan menggunakan metodologi studi kasus merupakan metodologi yang digunakan. (Contoh studi). Pemilihan informan untuk penelitian ini dilakukan sesuai dengan kriteria dan tujuan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Minangkabau dapat diterapkan melalui mata pelajaran Alam Budaya Minangkabau (BAM) di Sumatera Barat, melalui pengungkapan kearifan ciri khas Minangkapau, dan melalui adat istiadat budaya tradisional Minangkabau yang dikondisikan pada nilai-nilai moral namun saat ini mulai ditinggalkan. Internalisasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal ini diharapkan dapat memitigasi kemerosotan moral generasi muda saat ini di tengah perkembangan zaman yang begitu pesat. Selain itu, dengan menerapkan prinsip-prinsip kearifan lokal dalam kehidupan sehari-hari, kita menjaga budaya lokal meski dalam menghadapi globalisasi.