Implementasi Pencegahan Bullying Untuk Meningkatkan Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SDI Bahrul Ulum
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1455Keywords:
Pencegahan Bullying, Pembentukan KarakterAbstract
Dalam suatu pembelajaran dan pengajaran disekolah, Pendidikan karakter menjadi fokus utama dalam menghasilakan murid-murid yang berkaliber tinggi. Pendidikan karakter menjadi perhatian umum bagi setiap pendidik. Sehingga guru harus membangun Kembali Pendidikan karakter peserta didik dengan melakukan pencegahan hal negatif, diantaranya dari keterlibatan aktivitas perundungan atau bullying pada peserta didik tingkat sekolah dasar, salah satunya di SDI Bahrul Ulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan dan mengkarakterisasi Tindakan perundungan yang terjadi, berikut dengan pencegahannya untuk meningkatkan Pendidikan karakter peserta didik. Dari penelitian ini, peneliti menemukan adanya beberapa bentuk perundungan yang terjadi pada peserta didik. Diantaranya perundungan tersebut dilakukan secara verval yakni mengejek temannya dengan sengaja dan perundungan mengejek tentang orang tua. Dalam hal ini peneliti juga menemukan bahwa langkah-langkah diambil untuk menghindari insiden intimidasi di sekolah. Akibatnya, para pendidik menggunakan berbagai strategi pencegahan, seperti menanamkan pada anak-anak mereka kebiasaan berbicara lebih pelan dan secara konsisten memanggil nama orang dewasa. Tingkat kesadaran diri dan empati siswa lain juga meningkat melalui interaksi sosial ini.