Pembelajaran Tematik Terpadu pada Kurikulum 2013

Authors

  • Raihan Permata Sari UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1718

Abstract

PTP pada Kurikulum 2013 merupakan salah satu pembelajaran alternatif pada jenjang Sekolah Dasar untuk mewujudkan tujuan pendidikan di Indonesia. Berdasarkan Permendikbud No. 67 tahun 2013 tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum pendidikan dasar dan menengah, kurikulum dengan model PTP diterapkan pada tahun ajaran 2013/2014 secara bertahap di kelas I dan IV SD. Pembelajaran ini masih belum terealisasi secara luas, SDN Kauman 1 Malang merupakan salah satu sekolah sasaran yang menerapkan kurikulum 2013. SDN Kauman 1 malang merupakan sekolah bertaraf internasional dengan visi membentuk sumber daya manusia unggul bertaraf internasional yang berakhlak mulia, dan beberapa guru di sd ini telah ditugaskan mengikuti pelatihan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan PTP pada Kurikulum 2013 yang diterapkan SDN Kauman 1 Malang, dengan fokus yaitu : (1). pemahaman guru tentang PTP pada Kurikulum 2013, 2. implementasi PTP pada Kurikulum 2013, (3). kendala-kendala implementasi PTP pada Kurikulum 2013, 4. Upaya sekolah dalam pelaksanaan PTP pada Kurikulum 2013.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Untuk mengukur keabsahan data yang dihasilkan, digunakan standar; kredibilitas dengan teknik triangulasi, dependabilitas, dan konfirmabilitas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman para guru terkait PTP diperoleh melalui beberapa hal yaitu: jenjang pendidikan guru, pengalaman mengajar, mengikuti pelatihan/wokshop, berdiskusi dan hasil rapor Kurikulum 2013; (2) implementasi PTP pada SDN Kauman 1 Malang di bagi dalam 3 tahapan yaitu: perencanaan dengan mengembangkan Silabus dan RPP Tematik, pelaksanaan dengan memenuhi persyaratan yaitu alokasi waktu, buku teks pelajaran dan pengelolaan kelas, dan penilaian PTP dilakukan berdasarkan tema, yaitu proses pembelajaran dengan penilaian otentik, penilaian mingguan, penilaian bulanan yaitu per tema, UTS antar beberapa tema, dan UAS per tema 1 semester, (3) kendala dalam pelaksanaan PTP diantaranya, perangkat pembelajaran menyulitkan, pelaksanaan dengan 1 guru belum maksimal, penilaian akhir masih membingungkan guru, dan (4) upaya sekolah dalam pelaksanaan PTP diantaranya, mengikuti pelatihan/wokshop, menyediakan fasilitas secara lengkap, berdiskusi dengan siapa saja, mencari informasi dan menggunakan buku penghubung antara guru, siswa dan orang tua.

Downloads

Published

2024-11-12 — Updated on 2024-11-12

Versions

How to Cite

Raihan Permata Sari. (2024). Pembelajaran Tematik Terpadu pada Kurikulum 2013. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 299–316. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1718