Peningkatan Pemahaman Keagamaan dalam Kegiatan Pendampingan Memahami Adab Melalui Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad S.A.W
DOI:
https://doi.org/10.37216/al-madani.v3i1.1412Keywords:
Siraman Rohani, Adab, Isra’ Mi’rajAbstract
Abstract
Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh Institut Az Zuhra melalui perayaan Isra’ Mi’raj 1444 Hijriyah di sekolah SMK Kesehatan Gema Nusantara Riau ini dilatar belakangi oleh pentingnya pemahaman dan penggunaan adab yang baik ditengah-tengah terjadinya kasus tawuran antar siswa, penindasan terhadap beberapa siswa serta penggunaan tehnologi yang tidak semestinya. Disamping itu, adab adalah norma atau aturan mengenai sopan santun yang didasarkan atas aturan agama dan digunakan dalam pergaulan antarmanusia. Salah satu cara untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan (adab yang baik) adalah dengan memberikan tausiyah ataupun siraman rohami kepada siswa-siswa tersebut melalui momen peristiwa Isra’ Mi’raj untuk meningkatkan keimanan dalam diri mereka dengan meneladani sifat-sifat Rasul. Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan ini bersumber dari beberapa literatur mengenai sejarah peristiwa Isra’Mi’raj yang terkait dengan adab dan akhlak. Penyampaian materi dengan metode ceramah atau dakwah. Dengan adanya siraman rohani ini, diharapkan siswa-siswa SMK Gema Nusantara mampu mempraktekkan adab yang baik dalam kegiatan sehari-hari sehingga kelak memiliki kehidupan yang lebih baik yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.
Kata Kunci: Siraman Rohani, Adab, Isra’ Mi’raj
References
Jurnal:
Febiantoni, F. (2022). Nilai-nilai karakter peristiwa Isra Mi ’ raj dalam pendidikan agama Islam di Indonesia. 22(1), 41–64. https://doi.org/10.21831/hum.v22i1.43855.
Himmah, H.R., (2019). Adab sebagai Aktualisasi Ilmu dalam Persfektif Islam. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam Vol. XIV, No 2: 56-76. April 2024. ISSN: 1978-4767 (Cetak), ISSN: 2549-4171 (Online)
Machsun, T. (2016). Pendidikan Adab, Kunci Sukses Pendidikan Toha Machsun. El-Banat: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(2), 223–234.
Maulida, A. (2017). Kedudukan Ilmu, Adab Ilmuwan Dan Kompetensi Keilmuan Pendidik (Studi Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan). Pendidikan Islam, 06(11), 1–9. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/98
Muntaqo, R., Musfiah, A., & Tengah, J. (2018). Tradisi isra’ mi’raj sebagai upaya pembentukan karakter generasi millenial. 1(2).
Sakova, H.L.; Fikra, Hidayatul; Mulyana, Jati, R. S. R. . (2022). Gunung Djati Conference Series, Volume 8 (2022) The 2nd Conference on Ushuluddin Studies ISSN: 2774-6585 Website: https://conferences.uinsgd.ac.id/gdcs. 8, 566–576.
Salahuddin, S. (2018). Page 146 1. Jurnal Ilmiyah Pendidikan Anak, 2(3), 146–158.
Tahir, G. (2015). Sinergitas Ilmu dan Adab. XV, 18–29.
Sumber Internet
Al-Allamah Al-Mansurfhuri dalam Faisal I. 2022. Membumikan Makna Isra Mi’raj. Kemenag.go.id. https://kemenag.go.id/opini/membumikan-makna-isra-mirsquoraj-8rzhe9. Diakses April 2024
Safitri, Junaidi. 2023. Isra Mi'raj Momentum Teladani Akhlak Mulia Nabi Muhammad. https://www.uii.ac.id/nilai-nilai-pendidikan-di-balik-isra-miraj/. Universitas Islam Indonesia. Diakses tanggal 14 April 2024.